Berita Sekolah

HELPDESK/PROKTOR SUKSESKAN PENILAIAN AKHIR TAHUN ONLINE

30views

Dalam rangka penyelenggaraan Penilaian Akhir Tahun (PAT) berbasis online secara jarak jauh, SMAN 3 Yogyakarta mempersiapkan  pelaksanaannya dari berbagai aspek. Segala upaya dilakukan demi mengantisipasi terjadinya kendala teknis maupun nonteknis. Salah satu upaya tersebut, sekolah mempersiapkan beberapa Guru dan karyawan yang mumpuni dalam penguasaan IT untuk ditugasi menjadi  Tim helpdesk PAT. Tim Helpdesk berperan membantu user atau peserta dalam mengatasi kendala ketika melaksanakan ujian online. Sekolah menyiapkan  tujuh operator helpdesk untuk memantau kelancaran ujian. Masing-masing operator helpdesk memegang dua kelas. Hal ini dilakukan dengan tujuan helpdesk dapat memantau kendala yang dialami siswa dengan fokus dan lebih cepat teratasi.

Helpdesk memiliki peran penting dalam pelaksanaan ujian berbasis online. Beberapa tugasnya antara lain mengendalikan server; membagikan token; memandu peserta mengisikan username dan token; mengisi berita acara, memperbaiki masalah-masalah teknis jaringan, seperti soal atau gambar yang tidak muncul, simbol yang tidak terbaca, me-reset log in peserta, permasalahan jaringan terputus ketika proses pengerjaan soal, dan lain sebagainya. Peserta dapat melaporkan kendala yang dialami kepada helpdesk melalui media WhatsApp.

Persentase kendala teknis paling banyak dialami pada hari pertama. Pada hari-hari berikutnya peserta telah beradaptasi sehingga mampu mengatasi kendala dengan memahami rule dan mekanisme yang perlu dilakukan. Permasalahan insidental yang paling sering dialami yaitu peserta gagal log in sehingga harus segera di-reset helpdesk. Kelancaran dalam penanganan kendala-kendala tersebut merupakan bentuk keterlibatan tim helpdesk dalam melayani dengan responsif, komunikatif, total, dan penuh tanggung jawab. Selain itu, permasalahan ujian online yang terjadi akan menjadi evaluasi untuk ujian-ujian berikutnya.

 

 

Kontributor: Restituta Devi Pramesti, S.Pd.

Editor: Annisa Mayasari, S.Pd.

Leave a Response