Berita Sekolah

Mengutamakan Integritas dalam Penilaian Akhir Tahun

11views

Penilaian Akhir Tahun (PAT) merupakan proses akhir mengukur ketercapaian hasil belajar siswa sebagai salah satu bahan pertimbangan kenaikan kelas. Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun Ajaran 2019/2020 SMA Negeri 3 Yogyakarta telah berlangsung selama dua hari dan akan berlanjut hingga 15 Juni 2020 mendatang. Pelaksanaan PAT online tetap mengupayakan untuk dapat berlangsung dengan tetap menjaga integritas/kejujuran sebagai salah satu  karakter yang selalu ditumbuhkan dikalangan siswa. Berdasarkan hal itu pada kegiatan PAT online ini orang tua dilibatkan untuk ikut memantau pelaksanaan ujian di rumah masing-masing. Keterlibatan orang tua atau wali siswa dalam pengawasan ini terutama dalam bentuk dukungan dan kepedulian meski sebatas penyampaian pesan khusus atau nasehat atau bahkan juga ikut mendampingi pada saat putra-putrinya sedang melaksanakan PAT.

Pendampingan orang tua ketika pelaksanaan PAT online di rumah bisa jadi tidak sama dengan pendampingan guru pengawas ketika ujian di sekolah. Setiap orang tua tentu menginginkan hasil yang baik dari ujian anaknya. Orang tua akan melakukan berbagai cara untuk mengupayakan hasil ujian terbaik bagi anaknya dengan beragam bentuk fasilitas maupun pengondisian lingkungan rumah dalam situasi yang tentunya berbeda di setiap keluarga. Di samping itu, pada kegiatan PAT online ini, prinsip kejujuran dalam mengerjakan soal juga menjadi bagian yang harus mendapat perhatian dari orang tua. Kepedulian yang besar dari orang tua dalam mendampingi siswa akan meningkatkan prestasi belajar dan karakter baik bagi putra-putrinya.

Pihak sekolah mengoptimalkan komunikasi intensif antara orang tua dan wali kelas melalui grup Whats App. Komunikasi ini meliputi informasi kegiatan persekolahan, pantauan perkembangan belajar siswa, pantauan efektivitas pelaksanaan PAT online dan problematikanya, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan perkembangan kemampuan akademik dan kepribadian siswa. Orang tua dan wali kelas saling bekerja sama mengingatkan dan lebih menekankan pada siswa tentang kejujuran dalam mengerjakan soal-soal ujian.

Sementara itu, demi menjaga integritas PAT online, SMA Negeri 3 Yogyakarta melalui Panitia PAT menerbitkan Pakta Integritas yang diisi oleh orang tua dalam format google formulir yang berisi kesiapan dan kesediaan orang tua sebagai pengawas ujian di rumah. Pakta Integritas diisi setiap hari dengan melampirkan unggahan  foto  siswa saat mengerjakan soal ujian.  Kesediaan orang tua menulis pakta integritas ini juga merupakan upaya melibatkan orang tua pada pengondisian putra-putrinya untuk selalu jujur dalam mengerjakan soal ujian.

Sebagai upaya menjaga kelancaran pelaksanaan PAT online ini, sekolah menyiapkan tim untuk membantu siswa ketika mereka mengalami kendala teknis pada saat mengikuti kegiatan PAT online ini. Tim yang terdiri dari beberapa guru selalu stand by dengan nomor kontak yang sudah diketahui siswa dan orang tua untuk secepatnya merespon dan menyelesaikan persoalan teknis yang ditemui siswa pada saat mengerjakan. Sejauh ini tim telah melaksanakan tugas mendampingi mengatasi masalah-masalah teknis siswa ketika mengerjakan dan terbukti sampai dengan berita ini ditulis, peserta PAT online sejumlah 251 siswa kelas X dan 223 siswa kelas XI dalam melaksanakan PAT online dengan lancar.

 

Kontributor: Annisa Mayasari, S.Pd.

 

Leave a Response