Berita SekolahGaleri Foto

Outdoor Study Padmanaba-77 di Kembang Langit

395views

12-12-2019. Selain harbolnas, ada juga hal lain yang tak kalah spesial. Apakah itu?

Yap, pada hari itu, tepat pukul 08.00 WIB, 8 bus rombongan siswa kelas X beserta guru pendamping SMA Negeri 3 Yogyakarta berangkat menuju salah satu desa wisata di daerah Turi Sleman Yogyakarta untuk melaksanakan kegiatan Outdoor Study. Setelah menempuh sekitar 1 jam perjalanan, rombongan bus tiba di lokasi “Kembang Langit” dan disambut hangat oleh pemilik beserta para crew-nya.

Seluruh siswa kemudian dikumpulkan dan dibagi menjadi 3 kelompok secara random. Diawali dengan ‘pemanasan’ berupa fun game, senam, dan foto bersama, selanjutnya masing-masing kelompok mengikuti pemaparan materi oleh narasumber.

Kelompok 1 diisi materi pembuatan kompos, pupuk kering dan pupuk cair, serta meramu media tanam.
Kelompok 2 diisi materi pembudidayaan tanaman bunga dan buah melalui stek dan cangkok secara modern.
Kelompok 3 diisi materi pemasaran dan teknik penjualan tanaman serta pengelolaan taman.

Ketiga kelompok tersebut bergantian dan bergiliran menuju pos-pos yang telah ditentukan untuk melihat praktiknya secara langsung sehingga masing-masing siswa mendapat tiga materi untuk dapat menyelesaikan tugas pada lembar kerja siswa yang telah dibagikan oleh guru pendamping. Sesekali siswa mencatat dan berdiskusi sambil menikmati suasana yang sejuk dan nyaman.

Setelah mengikuti sesi outdoor study, selanjutnya siswa menikmati makan siang bersama. Ada yang di rumah bambu, di gazebo, bahkan di tengah taman bunga. Lantaran lokasi outdoor study ini merupakan salah satu tempat wisata kekinian, maka banyak di antara siswa yang menyempatkan berfoto-berselfie di beberapa spot foto kece yang tersedia. Beberapa siswa juga terlihat asyik dan seru bermain-main dengan sampan kecil di kolam ikan yang cukup luas.

Setelah dirasa cukup, rombongan bersiap kembali ke sekolah. Setiba di sekolah, sekitar pukul 14.00 rombongan disambut guyuran hujan lebat. Alhamdulillah, kegiatan outdoor study sudah dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Para peserta, baik siswa maupun guru juga dapat menikmati pembelajaran di alam terbuka.

Salam Padmanaba!

 

 

 

kontributor : Annisa Mayasari, S.Pd.

Leave a Response