Berita PadmanabaGaleriGaleri Foto

Padmanaba Berbagi “Tumpeng”

213views

Bulan September adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh warga Padmanaba. Bulan dimana SMA N 3 Yogyakarta akan memperingati HUT ke 77. Rangkaian Padmanaba Day diawali dengan lomba menghias tumpeng antar kelas pada Sabtu 14 September 2019. Tumpeng terbuat dari nasi kuning yang dicetak membentuk kerucuk yang diletakkan di atas tampah bambu lalu disajikan dengan beragam lauk tradisional Dalam bahasa Jawa, tumpeng merupakan sebuah akronim dari kata, ‘yen metu kudu sing mempeng’ yang artinya ‘kalau keluar harus yang sungguh-sungguh’. Akronim tersebut bermakna bahwa setiap pekerjaan harus dilakukan dengan serius dan sungguh-sungguh sehingga hasil yang diperoleh pun akan maksimal. Tumpeng pun diartikan sebagai simbol kerukunan dalam keberagaman.

Terlihat acara ini cukup antusias diikuti oleh beberapa perwakilan kelas. Tumpeng yang telah dihias terlihat sangat bagus dengan kombinasi warna yang cantik. Setelah selesai dinilai oleh tim juri, tumpeng selanjutnya ditutup dengan plastik hias untuk selanjutnya dibagikan ke warga sekitar SMA Negeri 3 Yogyakarta.

Total tumpeng yang dihias ada 11. Panitia dibagi menjadi dua tim, satu tim membawa 3 tumpeng menuju sebelah utara sekolah dan satu tim membawa 8 tumpeng menuju sebelah selatan sekolah. Beberapa siswa dan guru berjalan kaki di bawah terik siang menuju tempat yang telah ditentukan. Mereka terlihat sangat senang dengan kegiatan ini.

Sesampainya di Balai RW 3, tim Padmanaba Berbagi disambut oleh perwakilan RW 3, yaitu ketua RT 12. Ketua panitia menyampaikan maksud kedatangan, bahwa Padmanaba Berbagi membagikan tumpeng kepada warga sekitar sebagai wujud syukur kepada Tuhan dalam rangka HUT SMA N 3 Yogyakarta ke 77. Pihak perwakilan RW 3 menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian dari warga SMA N 3 Yogyakarta. Beliau juga memberikan ucapan selamat ulang tahun SMA N Yogyakarta serta memanjatkan doa agar SMA N 3 Yogyakarta selalu menjadi sekolah unggulan juga para siswa maupun alumni dapat memberikan kontribusi pada Negara ini,

Melalui kegiatan Padmanaba Berbagi ini diharapkan siswa dan warga Padmanaba selalu bersyukur kepada Tuhan atas semua yang telah diberikan, selalu peduli terhadap orang lain, serta menjaga kerukunan dalam keberagaman.

Selamat Ulang Tahun SMA Negeri 3 Yogyakarta, Jaya. Jaya. Padmanaba.

 

Kontributor : Warih Sri Martani, S.Pd

Leave a Response