Berita Sekolah

Syawalan Online Keluarga Besar SMA Negeri 3 Yogyakarta di Masa Pandemi

37views

Syawal 1441 H tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, SMA Negeri 3 Yogyakarta menggelar acara syawalan secara online. Tepatnya pada hari Sabtu tanggal 13 Juni 2020 sejumlah panitia terdiri dari kepala sekolah, guru, dan teknisi teknologi informasi berkumpul di ruang Audio Visual Aids (AVA) untuk menyelenggarakan acara syawalan yang disiarkan secara langsung melalui channel YouTube akun resmi sekolah, Video Padmanaba. Penyelenggaraan acara ini tetap memperhatikan protokol kesehatan pandemi Covid-19 yang meliputi physical distancing atau saling menjaga jarak, mengenakan masker, dan menggunakan sarana pencuci tangan berbahan dasar alkohol setelah memegang benda-benda yang digunakan secara umum.

Syawalan online ini secara fisik dihadiri oleh 14 orang, yang merupakan tim penyelenggara, sedangkan tamu undangan menyaksikan melalui channel YouTube. Di antara tamu yang menyaksikan tampak pada live chat streaming yaitu Ibu Anna Haryadi selaku ketua komite sekolah, Brigjen Purn. Dr. Supriyantoro selaku Ketua YKP (Yayasan Keluarga Padmanaba), beberapa guru dan karyawan, anggota IP (Ikatan Pengasuh) Padmanaba, serta para siswa dan orang tua.

Mengusung tema “Silaturahim di Masa Pandemi” oleh Ustadz Denis Arifandi Fakih Sati, Lc., MA. dalam tausiyahnya menyampaikan tentang pentingnya menyambung tali silaturahim dan menyambung ilmu dalam konteks belajar jarak jauh di masa pandemi ini. Hikmah yang dapat diambil agar kita semua bisa menjaga interaksi dengan sesama dan tetap semangat berkarya dan bekerja.

Syawalan online mungkin terlihat unik, namun digelarnya acara ini pada saat pandemi Covid-19 tidak mengurangi esensi menjalin silaturahim. Pembacaan ikrar halal bihalal yang diwakili Efvinggo Fasya Jaya, S.Pd. (guru termuda) diharapkan dapat menjadi wadah bagi para hadirin untuk membuka hati dan saling memaafkan. Begitu pula dengan sambutan Kepala Sekolah Drs. Maman Surakhman, M.Pd.I. yang menyampaikan bahwa terlihatnya kekompakkan tim-tim yang dibentuk untuk kegiatan di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi yang tentunya tidak luput dari ibadah yang diterima selama bulan Ramadan yang telah dijalani. Kegiatan syawalan berlangsung sekitar satu jam mulai dari pukul 09.00 hingga pukul 10.00 WIB. Acara syawalan online ini telah berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu tanpa terburu-buru.

Redaksi atas nama sekolah mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan mendukung terselenggaranya acara. Semoga dengan digelarnya acara ini dapat semakin mempererat tali silaturahim di antara kita.

Akhir kata, kami padmin, tim kominfo, dan segenap panitia penyelanggara syawalan online mengucapkan, “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.”

 

Baca juga :

Keren! SMAN 3 Yogya Gelar Syawalan Virtual

 

 

Kontributor: Annisa Mayasari, S.Pd.

 

Leave a Response