Berita Sekolah

Asyiknya Belajar Budaya menggunakan Aplikasi berbasis Mobile

98views

Bryan Amirul Husna kls XII IPA 3 Padmanaba 75 berhasil masuk 10 besar finalis kategori pelajar dari 107 peserta Lomba Aplikasi Mobile dengan tema Sosial Budaya yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud di Pandanaran dari tanggal 17-19 September 2019.

Acara Grand Final ini dibuka oleh Ibu Fajriah S.Pd. selaku Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SMP di kota Semarang pada tanggal 17 September pukul 16.00 , kemudian dilanjutkan dengan acara Selayang Pandang Rumah Belajar dengan pembicara Bapak Fahrudin selaku Duta Rumah Belajar Jawa Tengah.Beliau memberikan motivasi untuk para finalis menggunakan layanan Rumah Belajar dengan maksimal guna membantu proses pembelajaran, lalu keesokan harinya para finalis mempresentasikan hasil karya dengan waktu 30 menit disertai dengan tanya jawab dari dewan juri.Bryan mengambil materi “Tingkat Tutur Bahasa Jawa” dalam pembuatan aplikasi tersebut. Alasan bryan mengambil materi tersebut untuk memudahkan masyarakat yang ingin belajar Kosa Kata Jawa juga tingkat tutur bahasa Jawa untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.Aplikasi yang dibuat oleh bryan ada 4 fitur yaitu kartu harian untuk menghafal kosa kata, fitur belajar yang berisi materi ngoko dan krama beserta rumus dan contohnya, fitur pencarian kata, fitur quis untuk melatih kemampuan. Aplikasi ini bisa didownload di link bit.ly/golek_2019 atau di website resmi BPMPK : m-edukasi.kemdikbud.go.id.

Selain dari Yogyakarta finalis yang lain berasal dari Malang, Jakarta, Solo, Bandung, Pekalongan, Bengkulu, Sumatra, Jawa Timur. Berbagai karya yang juga luar biasa ditorehkan oleh para finalis yang lain sehingga bisa menginspirasi untuk media pembelajaran. Bapak Toni Setiawan, M.Si. selaku Kepala Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan juga memberikan catatan bahwa karya yang telah dibuat sebelum dikirim harus dicoba ke berbagai device, dicoba ke user yang sesungguhnya, harus kuat korelasinya antara indikator, materi, quis dan juga mengedepankan pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran. Semoga bisa menginspirasi siswa siswi yang lain. Salam Budaya.

 

 

Kontributor : Kinanti Kusumaningrum, S.Pd.

Leave a Response