Berita Sekolah

Festival Rohani Anak : “Jadilah Kuat Dalam Kristus”

26views

Festival Rohani Anak (FRA) adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Komunitas Pelajar Katolik (KPK) dan Persekutuan Siswa Kristen Padmanaba (PSKP). Festival ini meliputi lomba menyanyi, menggambar, mewarnai, cerdas cermat Alkitab, dan bercerita kitab suci. Sasaran peserta yaitu anak-anak usia 3-12 tahun jenjang Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar sesuai kategori masing-masing lomba.

FRA 2021 diikuti oleh 206 peserta dari seluruh Indonesia. Festival Rohani Anak (FRA) 2021 diadakan dalam situasi pandemi Covid-19 sehingga diadakan secara online dan semi-offline. Teknis pelaksaan lomba menggambar, mewarnai, bercerita kitab suci, menyanyi, dan penyisihan lomba cerdas cermat Alkitab dilakukan secara online, sedangkan final lomba Cerdas Cermat Alkitab dilakukan secara offline di SMA N 3 Yogyakarta.

Kegiatan ini bertemakan “Superhero” dan memiliki taglineJadilah kuat dalam Kristus”. Pemilihan tema tersebut berdasarkan kondisi anak-anak yang tidak dapat bermain dengan bebas dan leluasa menyebabkan anak cenderung merasa bosan. Oleh sebab itu, panitia berharap FRA tahun ini dapat memberikan ruang untuk anak mengekspresikan kreativitasnya dan mendapatkan apresiasi atas kreativitas yang dimiliki melalui berbagai perlombaan kerohanian. Tujuan dilaksanakannya FRA 2021 adalah menumbuhkan minat anak untuk semakin mencintai Kristus dan menyadari bahwa mereka memiliki kekuatan mental dan fisik yang luar biasa seperti superhero melalui teladan Yesus Kristus dalam kehidupan sehari-hari.

Pengumpulan karya lomba menggambar, mewarnai, bercerita Alkitab, dan menyanyi dilakukan pada tanggal 15-17 Mei 2021. Babak penyisihan lomba Cerdas Cermat Alkitab dilakukan pada tanggal 22 Mei 2021. Babak final dilakukan pada tanggal 23 Mei 2021 pukul 08.00-12.00 di Bangsal SMA N 3 Yogyakarta. Final Cerdas Cermat Alkitab ini disiarkan melalui platform Youtube Padmanaba. Pengumuman lomba dilakukan pada hari yang sama.

Manfaat dari pelaksanaan FRA 2021 bagi para peserta adalah dapat menyalurkan bakat, hobi, dan kreativitasnya melalui berbagai perlombaan yang ada. Selain itu, harapan dari FRA 2021 adalah meningkatkan kesadaran dan semangat anak-anak Kristiani di seluruh Indonesia bahwa kita memiliki sumber kekuatan yang luar biasa di dalam Yesus Kristus. Selain itu pelaksanaan FRA 2021 juga memberikan manfaat luar biasa bagi para panitia penyelenggara untuk meningkatkan iman dan aksi nyata pelayanannya melalui kegiatan rohani nonakademik di sekolah.

Terima kasih untuk seluruh bantuan doa dan dukungan . Semangat berkarya. Salam jumpa FRA tahun depan! Salam Padmanaba!


Kontributor : Iin Danis Ariyani, S.Pd.

Leave a Response