Berita Sekolah

Karya Wisata (Karwis) Padmanaba-76 di Pulau Dewata

314views

Karya Wisata adalah suatu kegiatan kunjungan ke suatu obyek dalam rangka memperluas pengetahuan sekelompok orang melalui pembelajaran di luar kelas.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman kebangsaan, kebersamaan, kekeluargaan antarsiswa dalam satu angkatan, dan wawasan kenegaraan serta nilai nasionalisme kepada siswa, Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) SMA Negeri 3 Yogyakarta mengadakan kunjungan obyek belajar siswa khusus untuk kelas XI di wilayah Denpasar, Bali, dan sekitarnya.

Kegiatan kunjungan obyek belajar siswa atau yang lebih akrab dengan sebutan “Karwis” ini telah dilaksanakan pada hari Selasa-Minggu, 17-22 Desember 2019. Sebelum pelaksanaan kegiatan karwis ini juga telah disusun susunan panitia, agenda kegiatan, pembagian bus, kamar, dan tugas pendamping, serta tata tertib pelaksanaan Karwis Padmanaba 76.

Siswa yang mengikuti kegiatan ini harus membuat surat pernyataan perizinan mengikuti kegiatan karwis yang ditandatangani oleh orang tua atau wali siswa.

Pada hari Selasa, 17 Desember 2019, siswa dan pendamping berkumpul di aula SMA Negeri 3 Yogyakarta untuk persiapan keberangkatan, dipimpin doa bersama oleh Bapak Drs. Maman Surakhman, M.Pd.I selaku kepala sekolah.

Hari pertama perjalanan menuju Pulau Bali kurang lebih ditempuh selama satu hari satu malam dengan berhenti di beberapa rest area dan restoran untuk menikmati makan, melaksanakan shalat jama’ qashar, dan beristirahat sejenak. Tepat tengah malam lima rombongan bus Karwis Padmanaba 76 menyeberang dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi menuju Pelabuhan Gilimanuk Bali.

Hari kedua, setelah melalui perjalanan yang cukup melelahkan, peserta karwis didampingi oleh tour leader mengunjungi Candi Kuning Bedugul dan beberapa tempat pusat perbelanjaan oleh-oleh khas Bali seperti Joger dan Khrisna. Selanjutnya peserta check in di Holiday Inn Express Hotel, di Jalan Raya Kuta Bali.

Hari ketiga, setelah menikmati sarapan pagi di hotel, peserta karwis berangkat menuju pusat perbelanjaan Hawaii untuk membeli beberapa keperluan perlengkapan yang dibutuhkan. Selanjutnya berurutan menuju Pantai Melasti, Pantai Blue Point, dan Pura Uluwatu. Di Uluwatu, peserta karwis menyaksikan pertunjukan Tari Kecak Bali yang disisipi cerita epos Ramayana dalam tarian tersebut. Selesai pertunjukan tak lupa peserta karwis menyempatkan berfoto bersama para penari.

Sebelum kembali ke hotel, peserta karwis menikmati Gala Dinner dan PADZ Time di Jimbaran. Di sini, peserta karwis disuguhi sajian makanan seafood ala Bali lengkap dengan pemandangan pantai yang indah diiringi suara deburan ombak malam hari.

Hari keempat menempuh perjalanan yang cukup lama menuju Desa Adat Penglipuran. Di sini, beberapa siswa mencoba membeli dan meminum “Loloh Cemcem”, semacam jamu atau ramuan dari daun cemcem yang rasanya asin dan sedikit manis.

Tujuan kedua yaitu Bali Bird Park. Di sini, burung-burung unik dan langka berterbangan secara bebas dan juga ada yang dengan santai bertengger di dahan pohon sehingga bisa di foto dari jarak dekat. Peserta karwis diajak menyaksikan pemutaran film pendek 3D bertema burung di ruang teater yang tersedia.

Setelah kembali ke hotel, peserta karwis dapat menikmati free time. Ada siswa yang memanfaatkan waktu dengan berenang di kolam renang hotel, namun tidak sedikit juga siswa yang izin keluar hotel untuk menikmati pemandangan sunset di wilayah Legian atau Seminyak Bali.

Hari kelima, setelah menikmati santap pagi, peserta karwis persiapan check out dari hotel. Selanjutnya perjalanan menuju Pura Luhur Tanah Lot. Menjelang sore rombongan bus bersiap menuju Pelabuhan Gilimanuk Dan menyeberang Selat Bali selama kurang lebih satu jam perjalanan. Peserta karwis tiba di Pelabuhan Ketapang menjelang Maghrib. Setelah menikmati makan malam, kemudian dilanjutkan perjalanan kembali ke Yogyakarta.

Hari keenam peserta karwis tiba di kampus SMA Negeri 3 Yogyakarta dengan lengkap dan selamat. Alhamdulillah, Karya Wisata Padmanaba 76 telah terlaksana dengan lancar. Para peserta menyimpan cerita dan pengalamannya masing-masing.

Happy Holiday!
Salam Padmanaba!

 

Kontributor : Annisa Mayasari, S.Pd.

Leave a Response