Galeri Foto

Aktualisasi kepramukaan… bersepeda jelajah musium di Jogja

242views

Kegiatan aktualisasi kepramukaan bagi kelas XI SMA N 3 Yogyakarta, dilaksanakan pada hari Rabu, 20 Maret 2019 dengan kegiatan mengunjungi musium di wilayah kota Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk mengaktualisasikan ektra kurikuler yang mereka laksanakan selama 1 tahun di setiap hari Jumat. Selain melatih kerja sama, ketelitian memecahkan sandi, kecermatan memilih route perjalanan, serta melatih ketahanan fisik, juga mengasah kemampuan memecahkan berbagai pertanyaan faktual.

Peserta yang merupakan kelas XI berjumlah 220 menaiki sepeda mengunjungi pos pos yang berada di musium. Musium yang dikunjungi antara lain adalah Musium UGM, musium TNI AD (Dharma Wiratama), Tugu Golong Gilig, Benteng Vredenburgh, Musium Jend. Sudirman, dan Musium Batik.

Peserta merasa tertantang, karena banyak dari mereka tdk terbiasa bersepeda di kota. Bagi yang terbiasa bersepeda merasa  routenya terlalu pendek, namun cukup menguji fisik. Selain menuntut kerjasama, mereka harus memecahkan masalah seputar bagian bagian sepeda yang mereka kendarai. Pendek kata, kegiatan aktualisasi kepramukaan hari ini menyisakan keceriaan para siswa kelas XI diakhiri dengan makan bersama setelah finish di gedung arga bagya.

Leave a Response