Berita Sekolah

Kesadaran Diri Menjadi Tema Forum Komunikasi Warga Sekolah (FKWS) Padmanaba 2019

181views

Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan tidak terlepas dari jalinan komunikasi dan kerjasama yang baik oleh seluruh warga sekolah. Salah satu bentuk usaha kerjasama tersebut adalah Forum Komunikasi Warga Sekolah (FKWS) yang pada kesempatan kali ini dilaksanakan pada hari Selasa, 15 Mei 2019, mulai pukul 13.00 WIB di Lapangan Tengah SMA Negeri 3 Yogyakarta.

Kegiatan ini dimoderatori langsung oleh perwakilan peserta didik selaku Ketua FKWS dan Ketua MPK. Tidak hanya peserta didik dan guru, dihadiri pula oleh karyawan dan warga sekolah lainnya. Semua berkumpul membaur menjadi satu untuk ikut ‘berembug bersama’ membahas seluruh hal yang berkaitan dengan jalannya proses pendidikan maupun kegiatan dan habituasi di lingkungan sekolah.

Tema yang diangkat pada FKWS kali ini pun cukup unik dan tentunya ditujukan bagi seluruh warga sekolah. “Kesadaran Diri” merupakan topik umum yang perlu dikomunikasikan lebih mendalam agar terbangun kerjasama yang saling bersinergi dalam membangun karakter warga sekolah yang peduli sosial dan lingkungan. Menumbuhkan kesadaran ini dapat dimulai dari diri sendiri, melalui hal-hal kecil yang berdampak besar, seperti memperhatikan dan menjaga lingkungan sekitar, dan dilakukan dari sekarang juga.

Sebagaimana disampaikan oleh Bapak Drs. Maman Surakhman, M.Pd.I selaku Kepala SMA Negeri 3 Yogyakarta dalam sambutannya, “Terselenggaranya FKWS berkat adanya kepedulian warga sekolah dengan memberikan saran, masukan, dan ada juga kritik yang kemudian diidentifikasi dan dicari solusi penyelesaian masalahnya.”, oleh karena itu sekolah mengambil tindakan untuk memusyawarahkan bersama.

FKWS merupakan bagian dari pembelajaran di luar kelas, sehingga partisipasi aktif dari seluruh warga sekolah selama kegiatan ini berlangsung sangat berpengaruh terhadap proses belajar, termasuk di dalamnya belajar mendengarkan, menyimak, dan menghargai pendapat orang lain. Hasil pembahasan FKWS dengan tema “Kesadaran Diri” ini cukup luas, meliputi kepemilikan barang, penataan dan pemeliharaan sarana prasarana dan fasilitas sekolah, pengurus koperasi siswa, hingga pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Mengutip kalimat inspiratif dari Stephen Covey, “Orang-orang saling menggabungkan upaya mereka dengan usaha orang lain untuk mencapai keberhasilan terbesar mereka”. Begitu pula dengan seluruh warga SMA Negeri 3 Yogyakarta, saling menjaga komunikasi dan bekerja sama untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan sekolah sebagai “School of Leadership”.

Dengan adanya FKWS diharapkan mampu menyalurkan aspirasi warga sekolah untuk menjadi evaluasi bersama. Seluruh program dan kegiatan sekolah, tata tertib, pembinaan keimanan yang telah dan sedang berlangsung selama ini dapat tersosialisasikan dengan baik melalui media musyawarah Forum Komunikasi Warga Sekolah. Tak lupa di akhir pertemuan forum ini, saling memberi semangat untuk mempersiapkan diri dalam pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) yang akan berlangsung pula pada Minggu ini dan terus menjaga kesehatan agar ibadah di bulan Ramadhan pun berjalan dengan lancar. Insya Allah.

 

 

Kontributor : Annisa Mayasari.

Leave a Response