Berita Sekolah

KIIP 2020: KENAYAN PENUH KENANGAN

63views

Kajian Intensif Islam Padmanaba atau yang lebih dikenal dengan sebutan KIIP adalah suatu kegiatan kajian Islam yang dilaksanakan khususnya bagi kelas X SMA Negeri 3 Yogyakarta di desa-desa terpilih sekaligus menjadi bentuk pengabdian kepada masyarakat selama tiga hari dua malam. Mengusung tema “Respect”, KIIP tahun ini dilaksanakan di kaki Gunung Merbabu, yaitu di Dusun Kenayan, Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. KIIP bertujuan untuk penguatan pendidikan karakter, menambah wawasan, dan meningkatkan religiusitas, integritas, serta nilai-nilai luhur kegotongroyongan dalam masyarakat.

Kamis, 5 Maret 2020, para peserta dan panitia yang terdiri dari siswa muslim kelas X dan beberpa siswa kelas XI berkumpul di lapangan Widoro Kandang untuk persiapan keberangkatan. Pukul 08.30 rombongan bus berangkat menuju lokasi. Dua jam perjalanan diselimuti kabut dan hujan rintik-rintik. Setiba di sana, kami disambut ramah oleh warga bahkan ada beberapa kelompok yang dijemput oleh tuan rumah untuk menuju ke tempat beristirahat dan menginap selama kegiatan KIIP. Setelah acara perkenalan dan ramah tamah dengan host family, selanjutnya peserta mengikuti kegiatan TPA, tadarus Al-Qur’an, dan Jalan-Jalan Malam di sekitar pemukiman warga pada malam harinya. Selama kegiatan KIIP, sholat lima waktu selalu dilaksanakan berjamaah oleh warga dan peserta di dua masjid yang ada di Dusun Kenayan.

Hari kedua, para peserta mulai dapat menikmati pemandangan indah Gunung Merbabu dan Gunung Merapi meskipun masih tertutup sedikit kabut. Cuaca yang cerah tetapi berhawa dingin tidak menyurutkan semangat para peserta KIIP untuk ikut berkebun bersama warga. Ada yang membantu memberi makan binatang ternak, menyirami tanaman, menyemprot hama, dan memetik sayuran. Karena sedang musim panen, maka banyak peserta yang membantu memetik berbagai macam sayuran seperti cabai, tomat, buncis, sawi, kubis, dan brokoli. Pada siang hari, peserta KIIP mengikuti kajian yang diisi oleh alumni dan bakti sosial, sementara panitia mempersiapkan untuk acara sore dan malam hari. Menjelang sore, peserta melaksanakan kegiatan lomba-lomba yang juga diikuti oleh anak-anak Dusun Kenayan, antara lain lomba mewarnai dan voli. Setelah sholat Isya’, peserta dan warga mengikuti kegiatan Tabligh Akbar yang dihadiri oleh sekitar 900 orang yang memenuhi masjid Sabilul Rahman.

Hari ketiga yang juga merupakan hari terakhir KIIP diisi dengan kegiatan Jalan-Jalan Pagi. Masing-masing kelompok harus berjalan menyusuri rute yang telah ditentukan dan bekerjasama melewati 6 pos untuk menyelesaikan misi menuju finish di bumi perkemahan lereng Gunung Merbabu. Di tempat ini panitia dan peserta KIIP berfoto bersama. Menjelang waktu sholat Dzuhur mereka kembali ke rumah masing-masing untuk persiapan check out dan berpamitan dengan host family. Pukul 14.00 rombongan bus kembali menuju SMA Negeri 3 Yogyakarta.

Kegiatan Kajian Islam Intensif Padmanaba yang berlangsung pada tanggal 5-7 Maret 2020 telah terlaksana dengan aman, tertib, dan lancar. Segenap panitia dan guru pendamping mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan telah membantu serta mendukung kelancaran kegiatan ini. Semoga dengan adanya KIIP menjadi salah satu bekal awal bagi para peserta pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk dapat menjalani kehidupan yang religius, bertoleransi, dan harmonis sesuai dengan perintah-perintah Allah Swt.

 

 

Kontributor : Annisa Mayasari, S.Pd

 

Leave a Response