Event PadmanabaGaleri Foto

Mengusung Tema “Millennial meet Traditional” Padmanaba Bregada Nusantara 2019

81views

Perhelatan pasukan keprajuritan bertajuk Festival Bregada Nusantara dalam rangka memperingati hari ulang tahun SMA Negeri 3 Yogyakarta yang ke-77 telah berhasil digelar dengan meriah pada Minggu, 22 September 2019. Dalam ajang itu, ratusan peserta yang terdiri dari guru, siswa, alumni, dan umum berjalan berarak membentuk barisan ala prajurit keraton menyusuri sepanjang jalan Malioboro hingga Alun-Alun Utara dengan berbagai kostum unik. Festival rutin yang memasuki tahun ke-3 ini juga dimeriahkan oleh Jogja Hip Hop Foundation dan barisan Anglosita Brass yang berlaku sebagai pengiring musik.

FBN 2019 dihadiri dan dibuka langsung oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, di tempat start halaman parkir Abu Bakar Ali Yogyakarta. Ketua panitia FBN 2019, Bapak Ganang Adjie mengatakan, “Festival Bregada Nusantara 2019 mengusung tema Millennial meet Traditional dimana panitia membebaskan setiap peserta untuk kreatif dalam menentukan pakaian, musik, dan gerakannya.”

FBN tahun ini memperebutkan 4 piala yang dipersembahkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kementerian Pariwisata RI, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Keluarga Besar Alumni Padmanaba. Sasarannya adalah para generasi muda dengan tujuan agar mereka sebagai kaum milenial tidak hanya mengetahui dan mengenal, tetapi juga lebih menyukai dan mempelajari lagi salah satu bentuk seni budaya tradisional, yaitu bregada khas Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat..

FBN 2019 diikuti oleh 28 peserta bregada, 15 di antaranya adalah bregada siswamadya atau pelajar tingkat SMA atau SMK se-DIY. Ada beberapa aksi nyeleneh dan unik pada acara ini, mulai dari bregada dhemit, bregada edan-edanan, bregada imperial army dengan kostum seperti di film Star Wars, hingga bregada berbau parodi lainnya dari para alumni. FBN 2019 juga mengundang bregada dari Kasultanan Cirebon dan Baluwarti Surakarta untuk menambah referensi siswa tentang seni keprajuritan Nusantara.

Ketua Keluarga Besar Alumni Padmanaba, Ibu Hendri Saparini dalam sambutannya menyampaikan, “Lewat ajang seperti inilah apresiasi akan tumbuh. Tentu saja juga ikut memantik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara mengeksplorasi Jogja.” Wakil dari Keraton Yogyakarta yang juga salah satu alumni Padmanaba, KGPH Notonegoro turut berharap agar FBN tidak hanya menjadi ajang festival tahunan namun juga dapat menjadi kegiatan ekstrakurikuler siswa di sekolah. Semoga saja harapan ini kedepannya dapat terakomodasi dan terwujud dengan semestinya.

Alhamdulillah, Padmanaba Festival Bregada Nusantara 2019 telah berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan yang cukup antusias dari masyarakat. Panitia penyelenggara FBN 2019 merasa puas dan bangga, serta mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terlaksananya acara ini. Salam Padmanaba!

 

 

Kontributor : Annisa Mayasari, S.Pd.

Leave a Response