Berita Sekolah

MENUJU PENTAS BESAR TEATER JUBAH MACAN PADMANABA 2020

235views

Pelantikan Anggota Jubah Macan

Jumat-Sabtu, 17-18 Januari 2020

Jubah Macan tak padam dan akan berkisah kembali. Menuju pentas besar yang akan diselenggarakan pada tahun 2020, mereka menyelisik esensi seni teater untuk mempersiapkan pertunjukkan yang bermakna. Salah satu persiapannya yaitu pelantikan anggota Jubah Macan yang dilaksanakan 17-18 Januari 2020. Tujuan dari pelantikan ini untuk memberikan penguatan dan menggali nilai-nilai karakter yang ditanamkan, serta agar anggota dapat terus menjaga eksistensi Jubah Macan Padmanaba sebagai seni teater yang perlu dilestarikan.

Semula acara dilaksanakan di sekolah dengan agenda pemberian materi oleh Ki Sugeng Prihatin, pembimbing teater Jubah Macan. Acara dilanjutkan preparasi, meditasi untuk memberikan fokus dan ketenangan kepada peserta serta untuk melatih imajinasi. Nilai berani dan percaya diri digali melalui perjalanan dari kampus Padmanaba menuju Malioboro secara berkelompok. Peserta melakukan beberapa tantangan dengan pembimbingan dari Ki Sugeng Prihatin dan para alumni “Macan Tuo”. Peserta melanjutkan sesi menuju Ledok Sambi kemudian acara dilanjutkan pagi hari. Dimulai pukul 06.00 WIB dengan agenda menyusuri sungai yang dilakukan dengan menutup mata dan melawan arus sungai. Analogi dari perjalanan menyusuri sungai ini bahwa dalam hidup banyak labirin yang perlu dilewati sehingga perlu belajar komunikasi, pengelolaan, peka, tangguh, teguh, dan pantang menyerah. Setelah menyelesaikan rangkaian acara, peserta Jubah Macan 2020 resmi dilantik.

Gagasan utama yang dipresentasikan dalam pelantikan ini yaitu bagaimana anggota teater Jubah Macan dapat dengan sungguh menjiwai nilai kemanusiaan yang ditanamkan serta dapat tetap kukuh membangkitkan semangat berkarya yang tiada berkesudahan. Bagaimana Jubah Macan hadir kembali dan hidup di hati penikmatnya? Sampai jumpa di Pentas Besar 2020.

 

 

 

 

Kontributor : Restituta Devi Pramesti, S.Pd.

Leave a Response