Berita SekolahGaleri Foto

Menyambut Siswa-Siswi Australia di SMA Negeri 3 Yogyakarta

215views

Kabar gembira untuk teman-teman Padmanaba. Pasalnya, tepat 9 September 2019 kemarin, SMA Negeri 3 Yogyakarta kedatangan siswa-siswi dari Australia yang berkesempatan untuk belajar budaya Indonesia. Mereka diberangkatkan melalui program Victorian Young Leaders (VYL) yang digagas oleh Australian Consortium for In-Country Indonesia Studies (ACICIS) dan AFS Intercultural Programs Australia.

Program Victorian Young Leaders (VYL) ini untuk pertama kalinya dilaksanakan di Indonesia. Program ini juga turut didukung oleh pihak Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat sebagai salah satu jalan untuk mengenalkan budaya Indonesia khususnya budaya Daerah Istimewa Yogyakarta kedunia internasional. Hal yang memang selaras dengan tujuan program Victorian Young Leaders (VYL) yang dimana bertujuan untuk mengenal indonesia lebih jauh terutama dalam hal budayanya yang beragam. Adapun dalam hal ini, SMA Negeri 3 Yogyakarta menjadi salah satu dari lima sekolah yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta yang ditunjuk untuk menjadi tempat pelaksanaan Program Victorian Young Leaders (VYL) ini.

Program Victorian Young Leaders (VYL) ini mengirimkan 8 siswa dengan 1 guru pendamping dari Australia dan 1 guru dari AICICIS Indonesia ke SMA Negeri 3 Yogyakarta. Mereka akan di SMA Negeri 3 Yogyakarta selama enam minggu mulai dari 9 September sampai dengan 19 Oktober 2019. Selama mengikuti program Victorian Young Leaders (VYL) mereka akan tinggal di hotel selama 4 minggu dan 2 minggu tinggal bersama house family.

Mereka cepat beradaptasi, hal ini terlihat dari mereka yang tak sungkan untuk bertegur sapa dan beraktivitas di lingkungan sekolah. Mulai dari bersantai di lapangan tengah hingga mencoba kudapan yang tersedia di kantin Padmanaba. Uniknya, siswa-siswi Australia yang datang ke SMA Negeri 3 Yogyakarta ini juga menggunakan seragam sekolah selayaknya seragam sekolah yang dikenakan oleh siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta. Mereka juga sangat antusias dalam setiap kegiatan yang mereka ikuti. Setiap mata pelajaran pun mereka jalani dengan baik, salah satunya pelajaran bahasa Indonesia. Mereka mengaku sangat tertarik untuk belajar bahasa Indonesia. Mereka merasa untuk mempelajari budaya Indonesia, bahasa adalah jalan utamanya. Dengan mengerti bahasa Indonesia, mereka dapat lebih mudah dalam mempelajari setiap budaya yang ada Indonesia.

Guna mewadahi antusias mereka yang begitu tinggi, SMA Negeri 3 Yogyakarta sendiri memfasilitasi mereka untuk ikut belajar bersama dengan siswa-siswi di kelas. Selain juga melibatkan mereka secara langsung dalam rangkaian acara Hari Ulang Tahun Padmanaba ke-77 salah satunya dengan mengikutsertakan mereka dalam upacara bendera Hari Ulang Tahun Padamanaba ke-77 dengan menggunakan seragam gagrak Yogyakarta.

Mrs. Indah selaku guru SMA N 3 Yogyakarta yang mengampu siswa-siswi Program Victorian Young Leaders (VYL) selama berproses di SMA Negeri 3 Yogyakarta sendiri berharap, program ini dapat menjadi program rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Mengingat program ini sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak, baik bagi siswa-siswi SMA N 3 Yogyakarta maupun bagi siswa-siswi Program Victorian Young Leaders (VYL) sendiri.

Begitulah keseruan siswa-siswi Australia yang ikut belajar bersama siswa-siswi Padmanaba. Selamat berproses untuk teman-teman dari Australia, salam hangat untuk kalian.

 

 

Kontributor : Efvinggo Fasya Jaya SP, S.Pd

Leave a Response