Berita SekolahHighlight

Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Penilaian Akhir Semester Secara Online

55views

Menandai akhir dari kegiatan pembelajaran tiap semester adalah diselenggarakannya Penilaian Akhir Semester atau sering disebut PAS. Demikian pula di SMA Negeri 3 Yogyakarta, kegiatan PAS sudah dimulai dari tanggal 30 November 2020 dan akan berakhir pada tanggal 8 Desember 2020. Pelaksanaan PAS di SMA Negeri 3 Yogyakarta dilakukan dengan sistem online dimana siswa dapat mengikuti dari rumah masing-masing.

Dalam pelaksaan PAS kali ini integritas tetap diupayakan sebagai bagian dari konsistensi melaksanakan pendidikan karakter. Pendidikan karakter memang tidak segera dapat dilihat hasilnya, memerlukan konsistensi dalam mengondisikan. Perlu dibuat sistem agar pelaksanaan pendidikan karakter ini bisa berjalan beriringan dengan kegiatan yang diselenggarakan sekolah, termasuk dalam pelaksanaan PAS. Untuk menjaga  integritas dalam pelaksanaan PAS, sekolah melibatkan orang tua siswa untuk dapat mengondisikan kesiapan putra putrinya di rumah dalam melaksanakan  kegiatan PAS. Orang tua tidak harus terlibat langsung dalam pengawasan putra putrinya selama pelasanaan PAS, cukup dengan memberi pesan kepada putra putrinya untuk mempersiapkan diri dengan maksimal dan mengerjakan menggunakan kemampuan sendiri dengan bahasa yang arif. Pesan terebut sederhana tetapi perlu disampaikan berulang ulang oleh orang tua sehingga menunjukkan kebersamaan antara sekolah dan orang tua dalam menumbuhkan integritas siswa. Sekolah mengingatkan orang tua untuk selalu memberi pesan dalam bentuk pengisian pakta integritas yang dilakukan orang tua setiap hari.


gambar 1 : pemantauan siswa saat mengerjakan ujian menggunakan aplikasi Zoom

Secara sistem untuk mengupayakan integritas siswa dalam mengikuti PAS, panitia memanfaatkan fasilitas aplikasi ZOOM meeting. Siswa wajib menyalakan kamera untuk memperlihatkan wajah pada saat mengikuti PAS.  Tim Helpdesk PAS di sekolah  memantau siswa ketika mengikuti PAS. Dalam hal kebutuhan kuota, siswa bisa memanfaatkan fasilitas kuota data yang sudah diberikan oleh pemerintah dalam rangka membantu pendidikan di masa Pandemi Covid-19, sehingga tidak memberatkan bagi siswa. Dengan mengondisikan secara sistem dan peran orang tua dalam kegiatan PAS ini, diharapkan pendidikan karakter khususnya pada aspek integritas dan tanggung jawab tetap dapat dilaksanakan.


gambar 2 : Siswa mengerjakan ujian dari rumah  menggunakan 2 gadget (1 gadget untuk ujian dan 1 gagdet untuk pemantauan kamera zoom)

Berdasarkan pengamatan selama berlangsungnya PAS ini lebih dari 99% siswa dapat mengikuti sebagaimana diharapkan, terlebih dengan adanya bantuan tim Helpdesk pada pelaksanaan PAS ini yang terdiri dari bapak ibu guru dan karyawan sejumlah 21 orang  dapat membantu siswa mengatasi kendala teknis yang dijumpai. Dua hari pertama pelaksanaan PAS terjadi kendala pada server, yaitu server yang digunakan untuk aplikasi soal kelas X mencapai batas maksimal penggunaan, sehingga beberapa peserta tidak dapat menyelesaikan dengan lancar. Setelah dilakukan evaluasi, dan disimpulkan perlu penggantian pada server yang digunakan pada aplikasi soal kelas X.  Panitia segera berkoordinasi dengan komite sekolah,  untuk segera dapat mengusahakan pengadaan server secepatnya. Pada hari itu juga penggantian server dapat dilakukan sehingga hari ketiga PAS sudah berjalan lancar kembali, hingga berita ini diterbitkan pelaksanaan PAS berjalan dengan lancar.


gambar 3 : Ruang labkom 2 SMA 3 yang digunakan tim helpdesk dalam pemantauan serta pengawasan ujian

 

Kontributor : Ichwan Aryono

Leave a Response