SMAN 3 Yogyakarta School of Leadership
Friday, 29 Mar 2024
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
  • SMAN 3 Yogyakarta - School of Leadership
28 January 2021

Pembelajaran Manajemen Guna Mengatasi Pagebluk

Thu, 28 January 2021 Dibaca 527x

“Pada makna yang lain hidup adalah milik orang-orang yang belajar”

Sejak kasus pertama diumumkan secara resmi oleh pemerintah Indonesia pada awal tahun 2020 lalu, pagebluk Covid-19 telah membawa dampak yang masif bagi kehidupan masyarakat. Kegiatan sekolah, kantor, tempat ibadah, pasar, dan banyak kegiatan di tempat-tempat lainnya tak luput dari dampak adanya pagebluk. Nyatanya, pagebluk Covid-19 ini tak hanya datang sebagai masalah kesehatan saja, melainkan lebih rumit dari pada itu. Pada saat inilah masyarakat dituntut untuk menjadi insan yang adaptif lagi cepat belajar. Di sekolah sendiri pembelajaran diadaptasi dengan menggunakan metode pembelajaran jarak jauh dengan pelbagai media daring. Pagebeluk datang memang bukan tanpa tantangan yang berat, upaya untuk terus melangsungkan kegiatan belajar mengajar tanpa mengurangi kualitas dari kegiatan belajar mengajar itu sendiri menjadi pekerjaan rumah yang mungkin hingga saat ini belum terselesaikan. Mulai dari sarana prasarana yang dimiliki oleh peserta didik yang beragam, kualitas sinyal yang tidak merata hingga ke ujung-ujung daerah, sampai kreativitas pendidik dalam mengajar yang masih dipertanyakan.

Melangsungkan pembelajaran jarak jauh tanpa mengorbankan kualitas pembelajaran itu sendiri menjadi tantangan para pendidik. Pada kondisi pagebluk Covid-19 ini pendidik dituntut untuk mampu menjawab tantangan tersebut dengan bagaimana menciptakan suasana belajar yang kreatif dan menyenangkan meskipun dengan tatap maya. Berbagai upaya tentu telah dilakukan oleh masing-masing pendidik. Salah satu upaya itu antara lain dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning yang disesuaikan dengan konteks situasi dan kondisi. Materi manajemen di kelas X adalah salah satu materi yang dapat disesuaikan dengan model dan konteks saat ini. Pada materi manajemen kelas X terdapat fungsi-fungsi manajemen Planning, Organizing, Actuating, Controlling (POAC) yang dapat diterapkan di kehidupan nyata peserta didik. Pada model ini, peserta didik diarahkan untuk menyusun sebuah upaya yang dapat dilakukan di rumah untuk mencegah penularan Covid-19.

  • Planning (merencanakan) : Peserta didik diarahkan untuk merencanakan kegiatan apa saja yang akan dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 di rumah.
  • Organizing (pengorganisasian) : Setelah menyusun planning/rencana, peserta didik diarahkan untuk melibatkan anggota keluarga yang lain untuk bersama-sama mencegah penularan Covid-19 mulai dari keluarga inti.
  • Actuating (penggerakan) : Peserta didik memberi pemahaman dan berdiskusi dengan anggota keluarga yang lain untuk menjalankan apa yang sebelumnya sudah direncanakan.
  • Controlling (pengawasan) : Peserta didik bersama-sama dengan anggota keluarga yang lain melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap upaya yang telah dilakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Melalui aktivitas peserta didik di atas. Selain peserta didik juga dapat mencari dan memahami informasi tentang kasus-kasus yang ada di lingkungan sekitar dengan kritis. Peserta didik juga diharapkan dapat memahami sekaligus memaknai betapa pentingnya memanajemen diri sendiri. Proses kegiatan belajar mengajar secara daring pun tetap dihiasi oleh aktivitas-aktivitas fisik peserta didik yang tidak hanya terbatas menatap gawai atau laptop.

Pembelajaran jarak jauh memang membutuhkan kreativitas dan upaya yang lebih dibandingkan dengan pembelajaran secara tatap muka. Banyak hal juga yang terpaksa harus “dikorbankan” untuk ini, mulai dari perecanaan kembali kegiatan belajar mengajar, materi yang harus direduksi, hingga hubungan emosional antarpeserta didik dan pendidik yang seharusnya tersemai dengan mudah ketika pembelajaran tatap muka. Boleh dibilang, pembelajaran jarak jauh memang bukanlah jalan keluar yang sepenuhnya apik.  Namun terlepas dari itu semua, dari sekian jalan yang ada, pembelajaran jarak jauh adalah solusi terbaik yang dapat diusahakan untuk saat ini. Kemudian, yang tentu harus menjadi pemahaman bersama adalah tidak ada sebuah tantangan yang hadir tanpa membuat kita menjadi lebih baik, dan terang bahwa tidak ada jalan buntu bagi orang-orang yang mau belajar.

 

Kontributor : Efvinggo Fasya Jaya

Facebook Comments Box
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
STRUKTUR ORGANISASI SMAN 3 YOGYAKARTA
Facebook Comments Box
Diterbitkan :
Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2022/2023
Kepada Padmanaba 78, Selamat atas keberhasilan menyelesaikan studi di Padmanaba - Portal Resmi Siswa dan Alumni SMA 3 Padmanaba Yogyakarta. Segala prestasi..
Diterbitkan :
Beasiswa Peserta Didik dan Putra-Putri Guru Karyawan serta Bantuan Kegiatan Peserta Didik Padmanaba - Portal Resmi Siswa dan Alumni SMA 3 Padmanaba Yogyakarta Tahun Ajaran 2021-2022
Sesuai dengan program kerja Padmanaba - Portal Resmi Siswa dan Alumni SMA 3 Padmanaba Yogyakarta tahun 2021/2022 untuk mendukung jaminan kelangsungan pendidikan..
March 2024
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

MAP SEKOLAH

Kontak Padmin lewat WhatsApp ?