Berita Sekolah

Pentingnya Pendidikan Politik di Sekolah

224views

Hari ini tepat 15 Mei 2019 bertempat di ruang AVA SMA Negeri 3 Yogyakarta telah berlangsung Forum Group Discussion (FGD) dengan tema Peran Sekolah Dalam Pengembangan Pendidikan Politik Pada Pemilih Pemula. Forum Group Discussion ini sendiri di prakarsai oleh LPPM Universitas Negeri Yogyakarta yang pada hal ini secara khusus hadir langsung Dr. Dra. Lusila Andriani, M. Hum., dan Dr. Shely Catrin, S.Fil. Acara yang juga dihadiri oleh 21 guru SMA Negeri 3 Yogyakarta ini berlangsung dengan lancar dan kaya akan gagasan.

Latar belakang yang mendorong terlaksananya Forum Group Discussion dengan tema Peran Sekolah Dalam Pengembangan Pendidikan Politik Pada Pemilih Pemula ini adalah adanya berbagai fenomena-fonomena politik yang dewasa ini terjadi. Maka dari itu fenomena-fenomena yang terjadi ini menjadi pintu masuk bagi LPPM Universitas Negeri Yogyakarta untuk melakukan penelitian dalam rangka untuk mengetahui proses dan tujuan pendidikan politik di sekolah yang ideal.

Seperti yang banyak kita ketahui, politik sering diartikan sebagai seni atau ilmu untuk meraih kekuasaan, yang pada pratiknya banyak sekali timbul penyimpangan-penyimpangan dalam rangka memperoleh kekuasaan itu sendiri. Tetapi, pengertian politik yang seperti itu merupakan pengertian politik yang secara khusus merujuk kepada pengertian politik praktis. Yang perlu kita ketahui, pengertian atau pemahaman tentang politik yang dimaksudkan di sini adalah “bagaimana cara antar anggota masyarakat bersinergi untuk mencapai kesejahteraan bersama.” Begitu ucap Dr. Dra. Lusila Andriani, M. Hum. dalam mengartikan politik.

Sementara itu berangkat dari masalah-masalah yang ada di dalam dunia politik Indonesia, maka ini menjadi alasan yang sangat kuat untuk pendidikan politik di sekolah harus dilakukan. Materi pendidikan politik di sekolah tentu tidak hanya dapat diterapkan dalam pembelajaran kelas, tetapi siswa juga dapat diberikan pendidikan politik melalui organisasi-organisasi siswa seperti OSIS, yang dalam hal ini dapat menjadi pembelajaran konkret pendidikan politik dalam hal bagaimana siswa melakukan pemilihan ketua OSIS dengan mempraktikkan asas-asas demokrasi yang berpegang teguh pada pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Kegiatan Forum Group Discussion ini tentunya diharapkan dapat mencetuskan sebuah hasil penelitian ilmiah dari LPPM Universitas Negeri Yogyakarta yang pada akhirnya dapat menjadi salah satu acuan dalam melaksanakan pendidikan politik di sekolah pada umumnya dan di lingkungan SMA Negeri 3 Yogyakarta pada khususnya. Karena dengan terlaksananya pendidikan politik di sekolah yang baik, niscaya akan membentuk generasi-generasi muda penerus bangsa yang sadar akan politik dan mampu menumbuhkan suasana politik sesuai dengan nilai-nilai yang ada dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

 

 

Kontributor : Efvinggo Fasya

Leave a Response