Berita SekolahGaleri Foto

Perayaan Hari Guru di SMA Negeri 3 Yogyakarta

47views

Di beberapa negara, Hari Guru merupakan hari libur sekolah. Namun tidak di Indonesia. Perayaan Hari Guru biasanya dilakukan dengan mengadakan beberapa acara. Di SMA Negeri 3 Yogyakarta, perayaan Hari Guru diawali dengan upacara di lapangan tengah sekolah.

Mulanya upacara berjalan seperti biasa. Pembacaan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan oleh Bapak Drs. Maman Surakhman, M.Pd.I selaku pembina upacara mendapat sambutan tepuk tangan yang meriah dari peserta upacara.

Ketika seluruh peserta upacara menyanyikan lagu “Terima Kasihku”, tiba-tiba para siswa berhamburan memberikan rangkaian bunga bertuliskan “Selamat Hari Guru” kepada para guru. Sambil berjabat tangan, Bapak dan Ibu Guru mendoakan para siswa agar kelak menjadi anak yang berbakti dan berguna bagi agama, nusa, dan bangsa.

Tidak hanya itu, salah satu siswa juga memberikan kejutan dengan tiba-tiba muncul dari barisan peserta upacara dan menerbangkan burung merpati. Banyak orang yang mungkin akan menafsirkan berbeda, namun burung merpati dapat dimaknai sebagai simbol kesetiaan para guru dalam mendidik generasi penerus bangsa dari masa ke masa.

Tak terlewatkan pembacaan nominasi “Teacher’s Award” untuk Bapak dan Ibu Guru di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Nominasi tersebut antara lain diraih oleh:
• Guru Ter-Hits: Dra. Eko Sulistyowati
• Guru Ter-Asyik: Hary Andiyanto Nugroho, S.Pd.
• Guru Ter-Kalem: Suhan Ranta, M.Pd.
• Guru Ter-Langka: Paijan, S.Pd.
• Guru Ter-Cool: Efvinggo Fasya Jaya, S.Pd.

Sebagaimana Surat Edaran dari Mendikbud RI Nomor 132716/MPK.A/TU/2019 tentang Peringatan Hari Guru Tahun 2019, bahwa hari ini, 25 November 2019, para guru diimbau untuk melaksanakan kegiatan dalam rangka peningkatan kompetensi guru, maka SMA Negeri 3 Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan khusus bagi Bapak dan Ibu Guru beserta Karyawan. Kegiatan tersebut adalah Pembinaan Keimanan sekaligus Pengajian Rutin yang telah dilaksanakan mulai pukul 10.00-12.00 WIB di Masjid An-Nur SMA Negeri 3 Yogyakarta.

Hari Guru Nasional telah dicetuskan sejak tahun 1994 sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. Pada UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, tanggal 25 November dipilih sebagai Hari Guru Nasional dan diperingati bersamaan dengan ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Dengan perayaan Hari Guru Nasional ini, diharapkan kinerja para guru khususnya di lingkungan SMA Negeri 3 Yogyakarta dan di seluruh pelosok negeri mendapat apresiasi sehingga semangat mulia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa semakin bergelora. Selain itu, perayaan Hari Guru juga diharapkan bisa menjadi momentum bagi semua pihak untuk lebih menghargai profesi guru.

 

Selamat Hari Guru
#merdekabelajar #gurupenggerak

 

 

Kontributor : Annisa Mayasari, S.Pd.

Leave a Response