Berita Sekolah

Peringkat SMA Negeri 3 Yogyakarta Versi Statistik LTMPT

93views

LTMPT adalah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi yang merupakan satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia dengan tujuan khusus yaitu melaksanakan tes seleksi masuk perguruan tinggi secara kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel. Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada Sabtu, 28 November 2020, LTMPT telah menyelenggarakan seminar daring atau webinar yang disiarkan secara langsung melalui akun Instagram, Zoom, dan kanal Youtube resmi LTMPT Official pada pukul 09.00 WIB sampai selesai.

Mengusung tema “Kiat Sukses Masuk Perguruan Tinggi Pilihan dan Pengumuman Peringkat Sekolah berdasarkan UTBK 2020”, LTMPT berupaya memberikan informasi terbaru seputar perguruan tinggi kepada para siswa yang saat ini menduduki bangku kelas 12 dan berencana melanjutkan kuliah sebagai calon mahasiswa. Selain kiat sukses masuk perguruan tinggi pilihan, dalam webinar ini juga disampaikan pengumuman TOP 1000 Sekolah dengan Nilai Rerata TPS UTBK Tertinggi Tahun 2020 se-Indonesia serta daftar-daftar nilai 10 sekolah terbaik nasional tahun 2020 versi LTMPT.

LTMPT memiliki kriteria dan metode pengukuran yang meliputi persyaratan SLTA dan persyaratan rerata nilai Tes Potensi Skolastik (TPS). TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Adapun hasil dari pengukuran tersebut dapat menunjukkan passion sekolah, apakah pada kemampuan kuantitatif, penalaran umum, atau pemahaman umunya, yang kemudian membantu para calon mahasiswa dalam memilih dan menentukan arahan prodi-prodi yang sesuai dengan minat dan kemampuan.

SMA Negeri 3 Yogyakarta menduduki peringkat 12 dalam TOP 1000 Sekolah dengan Nilai Rerata TPS Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tertinggi Tahun 2020 dengan rerata nilai TPS sebesar 585,96. Selain pencapaian ini, SMA Negeri 3 Yogyakarta juga berhasil masuk dalam daftar TOP 10 Rerata Sub Tes Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis pada urutan ketiga. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta peserta UTBK pada tahun 2020 mampu memahami dengan baik jenis soal TPS berupa teks atau paragraf serta isi, pesan, atau kesimpulan yang terkandung di dalamnya. Segala informasi resmi dapat dilihat melalui laman https://ltmpt.ac.id/?mid=3





 

Kontributor: Annisa Mayasari, S.Pd.

Leave a Response