Berita SekolahGaleri Foto

Pertukaran Pelajar SMA Negeri 3 Yogyakarta dengan Stedelijk College of Eindhoven The Netherland

90views

Pertukaran pelajar sudah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan oleh SMAN 3 Yogyakarta. Kegiatan pertukaran pelajar ini dilakukan dengan tujuan agar siswa-siswi SMA N 3 belajar untuk menjalin relasi baik dalam ranah nasional maupun internasional. Dengan banyak menjalin relasi di kancah internasional menjadi salah satu upaya bagi siswa-siswi untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

Pada kesempatan ini SMA N 3 Yogyakarta bekerja sama dengan BMEE (Bunga Melati Educational Experiences) melakukan kegiatan pertukaran pelajar dengan Stedelijk College of Eindhoven The Netherland. Kegiatan ini dimulai pada hari Sabtu, 5 Oktober 2019, dengan agenda Welcoming di Bandara Adisucipto pada pukul 13.00 WIB oleh tim SMAN 3 Yogyakarta beserta Housefam. Siswa Stedelijk College of Eindhoven The Netherland yang mengikuti pertukaran pelajar di SMAN 3 Yogyakarta berjumlah 21 orang. Kegiatan dilanjutkan pada hari Senin, 7 Oktober 2019 di SMAN 3 Yogyakarta. Agenda pertama yaitu welcoming oleh kepala SMAN 3 Yogyakarta Bapak Drs. Maman Surakhman, M.Pd.I. beserta tim dan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu kebangsaan Belanda. Dalam sambutannya Bapak Drs. Maman Surakhman, M.Pd.I menyambut hangat kedatangan pelajar dari Stedelijk College. Begitu pula Kepala Sekolah Stedelijk College Mr. Henny Damen dalam sambutannya menyampaikan antusiasme dalam mengikuti agenda pertukaran pelajar di SMAN 3 Yogyakarta ini. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pengalungan syal batik oleh Bapak Drs. Maman Surakhman, M.Pd.I sebagai simbol dilaksanakannya kegiatan pertukaran pelajar.

Pada sesi ramah tamah disediakan pula berbagai makanan tradisional khas Yogyakarta untuk menambah suasana yang semakin akrab. Hal ini termasuk salah satu sesi untuk memperkenalkan berbagai makanan tradisional yang dibuat dengan bahan hasil pertanian asli Indonesia. Adapun sesi presentasi oleh siswa dari SMAN 3 Yogyakarta dan  Stedelijk College. Sesi ini bertujuan agar saling mengenalkan culture masing-masing negara dan profile masing-masing sekolah.  Setelah sesi presentasi berakhir, acara dilanjutkan dengan moving class belajar di kelas Bahasa Indonesia, kelas Seni Musik, Kelas Seni Tari, dan kelas Seni Lukis. Agenda di SMAN 3 Yogyakarta pada hari itu diakhiri dengan bermain basket di lapangan Widoro Kandang.

Berbagai agenda juga dilaksanakan oleh siswa Stedelijk College didampingi siswa SMAN 3 Yogyakarta dalam beberapa hari. Agenda tersebut antara lain berkunjung ke Borobudur,ke SLB, ke Goa Pindul, Cooking Class di STIPRAM, serta family day dengan housefam. Pada hari Jumat, 11 oktober 2019 dilangsungkan acara Cultural Evening di aula SMAN 3 Yogyakarta dengan tujuan menambah rasa persaudaraan. Cultural Evening merupakan penutup rangkaian kegiatan pertukaran pelajar SMAN 3 Yogyakarta dengan Stedelijk College of Eindhoven The Netherland. Selanjutnya pada hari Minggu, 13 Oktober 2019 tim SMAN 3 Yogyakarta beserta housefam mengantar rombongan Stedelijk College di Bandara Adisucipto.

Seluruh rangkaian kegiatan pertukaran pelajar ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi seluruh komponen yang terlibat di dalamnya. Terlebih bagi siswa-siswi SMAN 3 Yogyakarta dapat menjadi sarana pengenalan budaya, pengalaman membangun relasi dan mempererat persaudaraan antarnegara, serta pembelajaran dari berbagai aspek. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus diselenggarakan sehingga menjadi inspirasi.

 

 

Kontributor : Restituta Devi Pramesti, S.Pd.

Leave a Response