Berita Sekolah

PROJECT BASED LEARNING DALAM KONDISI PANDEMI COVID 19

64views

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung sekian lama di Indonesia, sehingga mengubah berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Pembelajaran yang semula dapat dilakukan secara langsung tatap muka, namun selama masa pandemi, hal itu tidak mungkin dilakukan. Pemerintah mengembangkan pembelajaran secara daring, sesuai dengan kemampuan setiap daerah. Dengan pembelajaran daring ini, diharapkan tujuan pembelajaran dapat tetap diwujudkan.

Sekolah diseyogyakan memaksimalkan pembelajaran, dengan pembelajaran daring, sehingga esensi pembelajaran tidak berkurang dan pengalaman belajar peserta didik dapat diperoleh secara maksimal dalam kondisi pandemi. Sehingga perlu dikembangkan model pembelajaran yang tepat dengan mengedepankan aktivitas peserta didik secara maksimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat dikembangkan adalah Project Base Learning (PjBL) yang disesuaikan dengan kondisi pandemi, dimana peserta didik belajar dari rumah. Melalui platform google classroom, peserta didik belajar dengan model PjBL dengan sintaks–sintaksnya, antara lain: penentuan pertanyaan mendasar (Start With the Essential Question); penyusunan rancangan proyek (Design a Plan for the Project); penyusunan  jadwal kegiatan (Create a schedule); memonitor jalannya proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project); penilaian terhadap proyek yang dilakukan (Assess the Outcome); dan evaluasi (Evaluate the Experience). Dalam kondisi pandemi, sintaks–sintaks tersebut dapat dikembangkan dan disesuaikan dengan situasi pandemi, dimana peserta didik belajar dari rumah mereka. Dengan penerapan model ini diharapkan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran tetap ada meskipun dalam kondisi belajar di rumah. Melalui sintaks–sintaks tersebut, peserta didik melakukan aktivitas mulai dari perencanaan sampai pada publikasi hasilnya. Melalui platform ditentukan, mereka melakukan aktivitas untuk mempertanggungjawabkan proyek yang dilakukan. Sehingga dalam model ini, setiap peserta didik berperan aktif dalam pelaksanaan proyek tersebut. Setiap peserta didik bertanggungjawab besar terhadap keberhasilan proyeknya. Menurut Hasibuan dan Medjiono, 2006, pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang menyediakan kesempatan belajar sendiri bagi siswa melalui berbagai aktivitas belajar. Maka dengan model Project Based Learning diharapkan peserta didik akan berperan aktif dalam pembelajaran meskipun dalam kondisi Pandemi Covid–19.

Gagasan inilah yang saya kembangkan dan diikutsertakan dalam lomba penulisan gagasan nonpenelitian yang diselenggarakan oleh PGRI Kota Yogyakarta pada tahun 2020 dan memperoleh penghargaan juara ke-2. Prestasi ini mudah–mudahan dapat memicu saya khususnya dan rekan–rekan semua untuk makin peka dengan apa yang ada di sekitar kita. Pembelajaran yang berkualitas adalah pembelajaran yang memberdayakan peserta didik untuk menemukan jati diri mereka. Salam belajar!!!

 

Suhan Ranta, M.Pd.

Leave a Response