Berita Sekolah

RUBENS PHENOLA MENGUKIR PRESTASI BIDANG GEOGRAFI

11views

Rubens Phenola Setiawan merupakan siswa SMA Negeri Yogyakarta pengukir prestasi dalam berbagai kegiatan lomba bidang geografi. Bidang ini ia sukai sejak SMP dan diawali dengan mengikuti kompetisi OSN Bidang IPS SMP/MTs 2016. “Berprestasi itu bisa dalam segala hal. Nggak perlu minder bakat kita apa. Mau bakat game, olahraga, sains, seni, atau penelitian semua itu bisa mengantar kita untuk sukses. Asalkan ada tekad dan usaha nyata yang besar semua itu bisa tercapai. Jangan hanya ikut kata teman saja. Kita yang harus menentukan mau beprestasi di bidang apa” kata Rubens.

“Geografi adalah alat untuk  memahami ‘rumah’ umat manusia “. Kalimat motivasi itu ia buktikan dengan hasil yang diraihnya, antara lain Medali Perunggu OSN Bidang Geografi SMA/MA 2019 yang dilaksanakan di Manado, Sulawesi Utara pada tanggal 30 Juni – 6 Juli 2019; Juara 1 National Geography Competition UNY 2019 yang dilaksanakan di Universitas Negeri Yogyakarta pada bulan Oktober 2019; Juara 2 Lomba Artikel EGSA Fair Geografi Lingkungan Fakultas Geografi UGM 2019 yang dilaksanakan di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada bulan Oktober 2019; Medali Emas OLGENAS XV Fakultas Geografi UGM 2020 yang dilaksanakan di Universitas Gadjah Mada pada bulan Januari 2020; Medali Emas dan Absolute Winner Geografi OGG FITB ITB 2020 yang dilaksanakan secara daring oleh Institut Teknologi Bandung pada bulan Agustus 2020.

 

Dengan menyukai bidang ini, siapa mentor panutanmu?

Bapak Drs. Subandriyo (Guru Geografi SMA Negeri 3 Yogyakarta) dan Mas Nadafa (Perak IGeo 2018)

 

Bagaimana cara kamu berlatih dan mengasah kemampuanmu?

Belajar dan fokus pada satu bidang saja serta memahami kata kunci pertanyaan pada tiap soal agar memeroleh poin maksimal setiap soalnya, berlatih menjawab soal pengetahuan umum secara cepat sebagai persiapan di sesi cerdas cermat, menguasai bahasan analisis serta berlatih menulis jurnal dengan sistematika yang baku.

 

Tantangan apa yang dihadapi selama belajar?

Sumber atau referensi materi yang memadai hanya dalam bahasa Inggris sehingga butuh waktu lebih untuk memahami; kondisi temperatur yang panas dan kelembapan yang tinggi saat tes praktikum ketika di Manado menyulitkan aktivitas; perasaan tegang saat sesi cerdas cermat; kegiatan tes yang padat membuat cepat lelah dan hilang konsentrasi; kegiatan tes secara daring membutuhkan kesiapan perangkat dan koneksi yang mumpuni.

 

Setelah meraih beberapa prestasi, apa harapan selanjutnya?

Dapat memajukan pengetahuan geografi terhadap fenomena yang terjadi setiap hari di kalangan teman sebaya serta meningkatkan semangat berprestasi teman-teman Padmanaba.

Ada kata-kata motivasi yang memberikan spirit untuk terus berprestasi?

Saya mengutip beberapa kata-kata motivasi dari tokoh, diantaranya “Jika kamu mengejek kami saat kalah atau seri, maka jangan dukung kami ketika kami menang”. ~Bill Shankly; “Tan Malaka mengajarkan kita bahwa dibalik terbentuknya piala juara, ada besi yang harus ditempa dan terbentur”;”Tulisan adalah satu-satunya peninggalan dari manusia yang dapat menghidupkan pemikirannya kembali”.

 

Kontributor : Restituta Dwi Pramesti, S.Pd.

Leave a Response