Berita Sekolah

Sehat, Cantik, dan Cerdas tanpa Anemia

162views

 

 

Anemia merupakan suatu kondisi tubuh di mana kadar hemoglobin (Hb) dalam darah lebih rendah dari normal. Dalam rangka meningkatkan kesehatan terkait anemia, SMAN 3 Yogyakarta bekerjasama dengan Puskesmas Gondokusuman II mengadakan pemeriksaan terhadap sejumlah siswi. Dari hasil pemeriksaan terdapat beberapa siswa yang memiliki Hb kurang dari 12. Menindaklanjuti hasil pemeriksaan tersebut, puskesmas mengadakan sosialisasi bagi siswi yang terdeteksi anemia pada hari Senin, 27 Januari 2020 di ruang AVA kampus SMA N 3 Yogyakarta.

Dr. Ika Maharani (Anemia Defisiensi Besi pada Remaja) menjelaskan bahwa anemia dapat terjadi kerena kekurangan asupan protein, asam folat, vitamin B12, dan zat besi. Apabila kita mengalami anemia yang terjadi sel-sel tubuh kekurangan oksigen. Gejala umumnya 5L, yaitu lesu, lelah, lalai, lemah, letih. Akibatnya, bagi pelajar menurunnya kemampuan belajar, daya tahan tubuh menurun, terganggunya kegiatan sehari-hari, memiliki resiko lebih tinggi mengalami masalah saat hamil dan melahirkan nanti.

Dalam pemaparannya Ibu Sophia (Pedoman Umum Gizi Seimbang dan Piringku) mengimbau siswi SMAN 3 Yogyakarta mengonsumsi makanan yang penuh zat besi, makan buah-buahan yang mengandung vitamin C, dan minum tablet tambah darah sesuai anjuran sebagai upaya pencegahan anemia.

Yuk, bersama kita cegah anemia. Sehat, cantik, dan cerdas tanpa anemia.

 

 

 

Kontributor : Restituta Devi Pramesti, S.Pd.

Leave a Response