Berita PadmanabaGaleri Foto

Selamat Ulang Tahun, Padmanaba !

29views

19-9-19, tanggal yang cantik ya? Pas banget, tepat di tanggal cantik ini, SMA Negeri 3 Yogyakarta berulang tahun yang ke-77. Hari yang indah. Langitnya biru cerah. Secerah hati seluruh keluarga besar Padmanaba.

Pagi itu dilaksanakan kegiatan upacara sebagai salah satu rangkaian agenda Pekan Peringatan Hari Padmanaba. Bukan upacara biasa tentunya. Upacara dilaksanakan dengan pebuh khidmad. Seluruh petugas dan peserta upacara menggunakan busana tradisional Gagrak Ngayogyakarta. Penampilan berbeda juga terlihat dari para alumni yang hadir. Mereka mengenakan busana adat Nusantara. Bahkan, dalam upacara ini juga menggunakan bahasa Jawa. Unik, kan? Yaa walaupun beberapa peserta bule yang sedang mengikuti program student exchange mungkin tidak paham artinya, tapi mereka tetap bisa mengikuti aba-aba dari petugas upacara.

Saat dibacakan “Sejarah Padmanaba”, terasa semangat kobaran api padmanaba menyentuh hati dan jiwa. Sejenak merenung tentang perjuangan di masa lalu, atas gugurnya beberapa tokoh pejuang demi membela dan menegakkan keadilan, hingga berdirinya sebuah sekolah yang mampu mempertahankan eksistensinya dengan segala sejarahnya sejak 19 September 1942, yaitu SMA Negeri 3 Yogyakarta.

Setelah upacara, dilanjutkan Launching Ground Bedah Rumah Padmanaba. Bedah Rumah ini disponsori oleh Keluarga Besar Alumni Padmanaba juga dengan sumbangan dari para siswa untuk membangun dan merenovasi rumah salah satu karyawan SMA Negeri 3 Yogyakarta yang tidak layak huni. Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan tengah SMA Negeri 3 Yogyakarta sembari melihat live streaming peletakan batu pertama pembangunan rumah melalui website padmanaba.id secara bersama-sama.

Tidak hanya itu, ada hal menarik lainnya yang mengiringi acara Launching Ground ini. Para alumni berjalan berbaris sambil membawa burung-burung dalam berbagai jenis untuk kemudian serentak dilepaskan secara bersamaan. Pelepasan burung-burung ini diiringi dengan pertunjukan drone. Drone yang dikenal sebagai alat penjelajah atau dokumentasi udara ini disulap sebagaimana burung-burung yang terbang sekaligus menjadi pertunjukan yang menarik.

Sementara itu, bersamaan dengan dilaksanakannya penyerahan Beasiswa Padmanaba, Beasiswa Putra-Putri Guru dan Karyawan, Bantuan Kesejahteraan Guru dan Karyawan, serta Bantuan Kegiatan OSIS di ruang Argabagya SMA Negeri 3 Yogyakarta, diadakan pula Purna Bhayangkara Padmanaba atau yang lebih familiar dengan singkatan Bhapad. Bhapad menggelar aksi terkahirnya dengan membentuk formasi baris-berbaris. Terima kasih atas prestasi yang telah diraih demi nama Bhayangkara dan Padmanaba, Bhapad 75!

Selamat Ulang Tahun untuk SMA Negeri 3 Yogyakarta. Semoga dengan bertambahnya usia, SMA Negeri 3 Yogyakarta semakin banyak mencetak generasi unggul yang tidak hanya cerdas akademik namun juga baik budi pekertinya, generasi yang tidak hanya kaya ilmu tetapi juga mampu menerapkan ilmunya dengan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari. Semoga pula, para guru, siswa, dan alumni bisa menjadi teladan bagi semua, saat ini dan di masa yang akan datang.

Jaya Jaya Padmanaba!

 

 

Kontributor  : Annisa Mayasari, S.Pd.

Leave a Response