Berita PadmanabaBerita Sekolah

Sertijab Kepala Sekolah, Selamat Datang Bapak Kusworo, S.Pd., M.Hum.

38views

SMA Negeri 3 Yogyakarta menggelar “Serah Terima Jabatan Kepala SMA Negeri 3 Yogyakarta” di ruang Bangsal Senam SMA Negeri 3 Yogyakarta pada Senin, 27 Desember 2020. Kegiatan tersebut merupakan salah satu momen yang penting bagi sekolah dalam rangka memperkenalkan kepala sekolah yang baru kepada Komite sekolah, Alumni, siswa, orang tua peserta didik, dan masyarakat. Namun, dikarenakan situasi masih pandemi maka panitia membatasi peserta yang hadir. Untuk mengatasi keterbatasan jumlah peserta, panitia menyelenggarakan live streaming agar yang tidak mendapat kesempatan untuk hadir dapat menyaksikan melalui gawai masing-masing.

Kepala sekolah merupakan sosok yang dapat memberikan perubahan di lingkungan sekolah, sehingga diharapkan dapat sesegera mungkin beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan tempat baru. Namun, Bapak Kusworo, S.Pd., M.Hum. selaku kepala sekolah baru, merupakan salah satu guru yang pernah menjadi bagian dari keluarga SMA Negeri 3 Yogyakarta. Hal ini tentu saja akan lebih mudah bagi beliau karena sudah mengetahui seluk beluk sekolah, sehingga dapat dengan cepat menganalisis kekuatan dan kelemahan yang ada di sekolah untuk merumuskan terobosan baru.

Acara Sertijab dihadiri oleh perwakilan Kepala Balai Pendidikan Menengah Kota Yogyakarta, Komite SMA Negeri 3 Yogyakarta, Alumni, para Kepala SMA di wilayah Kota Yogyakarta, dan turut mengundang Bapak/Ibu guru dan karyawan dari SMA Negeri 2 Yogyakarta yang merupakan sekolah di mana Bapak Kusworo, S.Pd., M.Hum. menjabat sebelumnya. Acara Sertijab dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya”, sambutan-sambutan, penandatanganan dokumen Serah Terima Jabatan Kepala Sekolah dan Serah Terima Ketua Dharma Wanita, hiburan, doa, serta diakhiri dengan foto bersama.

Bersamaan dengan acara Sertijab ini, maka SMA Negeri 3 Yogyakarta telah memiliki kepala sekolah definitif, sekaligus berakhirnya jabatan Pelaksana Tugas (Plt) oleh Bapak Drs. Miftakodin, M.M. Dalam sambutannya, Bapak Kusworo, S.Pd., M.Hum. menyampaikan visi dan misi kepala sekolah antara lain mendesain kelas-kelas representatif, menggunakan sistem transparansi dalam hal anggaran dan keuangan, meningkatkan pemanfaatan teknologi informatika dalam berbagai aspek yang ada di sekolah, serta mengurangi pengggunaan kertas dalam administrasi maupun dalam kegiatan belajar mengajar.

Setiap kepala sekolah memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda-beda, tetapi kepala sekolah juga mempunyai inovasi dan kreativitasnya masing-masing. Harapannya, semoga Bapak Kusworo, S.Pd., M.Hum. dapat mengoptimalkan inovasinya untuk memimpin SMA Negeri 3 Yogyakarta menjadi lebih baik. Jaya Jaya Padmanaba!

 

Kontributor: Annisa Mayasari, S.Pd.

Leave a Response