Berita Sekolah

The End But Not At Least

71views

Pada kesempatan ini SMA N 3 Yogyakarta bekerja sama dengan Victorian Young Leaders melalui ACICIS (Australian Consortium for ‘In-Country’ Indonesian Studies). Kegiatan ini dimulai sejak 11 September 2019 hingga 18 Oktober 2019 dengan 8 siswa-siswi dan 1 guru. Pada hari Jumat, 18 Oktober 2019 kegiatan ini ditutup dengan Farewell Party pukul 18.30 di Grand Pacific Hall Yogyakarta.

Kegiatan kemitraan ini adalah yang pertama kali yang diadakan di Indonesia dan terpilihlah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Terdapat 39 siswa dan 5 guru pendamping dari Victorian Young Leaders dikelompokkan kemudian ditempatkan ke 5 sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah kemitraan dan SMA N 3 Yogyakarta merupakan salah satu sekolah kemitraan yang ditunjuk. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan meluaskan wawasan dan hubungan kerja sama sekolah dengan lembaga pendidikan lainnya baik dari dalam dan luar negeri.

Dalam agenda Farewell Ceremony dengan siswa-siswi Victorian Young Leader yang diadakan Kamis, 17 Oktober 2019, Bapak Drs. Maman Surakhman, M.Pd.I. menyampaikan bahwa dengan banyak menjalin relasi di kancah internasional menjadi salah satu upaya bagi siswa-siswi untuk belajar dan bertukar informasi mengenai pengetahuan, budaya, serta kebiasaan. Acara tersebut  dihadiri oleh siswa-siswi SMA N 3 Yogyakarta beserta orangtua selaku house family, siswa-siswi Victorian Young Leader, Bapak/Ibu guru pendamping kegiatan.

Farewell Ceremony beragendakan ungkapan kesan pesan dari Kepala SMA N 3 Yogyakarta, Guru Victorian Young Leaders yaitu Mrs. Abbey, perwakilan orangtua house family yang diwakili oleh orangtua Adefia Sakura Kuncoro menyampaikan bahwa siswa-siswi Victorian Young Leaders sangat menyenangkan dan memiliki harapan agar mereka nantinya dapat menceritakan mengenai pengalaman mereka di Indonesia khususnya di SMA N 3 Yogyakarta kepada temannya di negara asal, perwakilan siswa-siswi house family yang diwakili oleh Rizqy Rahardian, dan dilanjutkan ungkapan kesan pesan salah satu siswa-siswi Victorian Young Leader diwakili oleh Hudson. Salah satu ungkapan yang mengundang tawa para hadirin dalam acara tersebut berasal dari Hudson yang menyampaikan menggunakan Bahasa Indonesia, “Terima kasih kepada SMA N 3 Yogyakarta untuk menyambut selama program dan saya harap bisa mengunjungi lagi”. Setelah penyampaian kesan pesan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat apresiasi terhadap program kemitraan oleh pihak sekolah kepada guru pendamping serta siswa-siswi SMA N 3 Yogyakarta dan Victorian Young Leader yang disampaikan oleh Kepala SMA N 3 Yogyakarta.

Hal menarik yang dilakukan oleh siswa-siswi Victorian Young Leaders sesaat sebelum Farewell Ceremony adalah meminta tandatangan teman-teman house family dan guru-guru SMA N 3 Yogyakarta di seragam putih mereka dan saat pulang sekolah mereka menuliskan ucapan terima kasih SMA N 3 Yogyakarta pada kertas manila disertai tandatangan dan nama mereka kemudian ditempelkan pada papan mading di sebelah Laboratorium Biologi.

Seluruh program dalam kegiatan kemitraan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi seluruh komponen yang terlibat. Khususnya bagi siswa-siswi SMA N 3 Yogyakarta dapat menjadi sarana bertukar informasi mengenai pengetahuan, budaya, kebiasaan, pengalaman membangun relasi, dan mempererat persaudaraan antarnegara. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus diselenggarakan.

 

 

Kontributor :  Eka Ningrum Rakhmawati, S.Pd

Leave a Response