Berita Sekolah

Wisuda Purna Siswa Kelas XII 2018/2019 : Penghujung yang Haru untuk Pijakan yang Baru

292views

“Tiga tahun yang penuh haru dan liku”, kira-kira demikian kalimat pertama yang terucap dari Najla Mumtaza (lala, begitu sapaan akrabnya), siswa kelas XII IPA 4 yang pada hari senin tanggal 13 Mei 2019 kemarin, telah resmi menyandang statusnya sebagai alumni SMA N 3 Yogyakarta beserta 210 orang teman-teman seangkatannya. Hal tersebut ia utarakan pada saat menyampaikan pesan dan kesan mewakili teman-temannya.

Prosesi wisuda berjalan dengan sangat khidmat lagi takzim dengan pembawa acara Ibu Devi Estu Ana Putri, ST,M.Pd dan Bapak Teguh Sarwono, S.Pd. Sapaan pemula dari pembawa acara menjadi tanda pembuka bahwa prosesi wisuda purna siswa dimulai. Perasaan bahagia terpancar dari para wisudawan wisudawati, orang tua wali murid, dan bapak ibu guru serta semua warga sekolah yang turut hadir.

Sederet prestasi yang diraih oleh calon wisudawan wisudawati. Perihal tersebut disampaikan oleh Bapak Ichwan Aryono, M.Pd.Si, selaku waka urusan kurikulum SMA N 3 Yogyakarta. Wisudawan wisudawati lulusan terbaik IPA, secara berurutan diraih oleh Hanifah Nabila Wismadi, kelas XII IPA 5, putri dari Bapak Dr.Ir. Arif Wismadi, M.Sc. dan Ibu Sri Dayanti, S.Si., lulusan terbaik kedua diraih oleh Aqiela Mahannada, kelas XII IPA 1, putri dari Bapak Ulin Nuha dan Ibu Fransisca Arta Susanti, ST., dan lulusan terbaik ketiga diraih oleh Kadek Egadio Kalisto, kelas XII IPA 2, putra dari Bapak Wayan Isswara Madia, SE.,MM dan Ibu Artmira Yudhanti, ST.,MM.

Wisudawan wisudawati lulusan terbaik IPS, di urutan pertama diraih oleh Elisabeth Tabernakel, putri dari Bapak Ir. Leonard Sinaga dan Ibu Dra. Retno Purwaningsih, lulusan terbaik kedua diraih oleh Ruth Putri Nugraheni, putri dari Bapak Agus Haryanto, M.Min dan Ibu Ir. Surjani Purwaningsih, dan lulusan terbaik ketiga diraih oleh Maria Immacullata Hilda Puspa Verena, putri dari Bapak Emanuel Anang Tri Nur Handoyo, A.Md. dan Ibu Theresia Dwi Ana Nugraheni, A.Md.Farm.

Masih dengan suasana khidmat juga haru, Bapak Ichwan Aryono, M.Pd.Si., melanjutkan pembacaan raihan prestasi. Wisudawan wisudawati peraih nilai UN tertinggi IPA pertama yaitu Kadek Egadia Kalisto, kelas XII IPA 2, putra dari Bapak Wayan Isswara Madia, SE.,MM dan Ibu Artmira Yudhanti, ST.,MM (wisudawan yang juga merupakan lulusan terbaik IPA ketiga SMA N 3 Yogyakarta), urutan kedua peraih nilai UN tertinggi yaitu Alifah Rahmatika Basyasya, kelas XII IPA 3, putri dari Bapak Sukarjo, STP, MP dan Ibu Titik Melvianti, STP, dan urutan ketiga diraih oleh Bonaventura Bagas Sukarno, kelas XII IPA 4, putra dari Bapak Drs. Wahyu Tri Sukarno dan Ibu Yustina Murni Widyastuti.

Wisudawan wisudawati peraih nilai UN tertinggi IPS pertama diraih oleh Elisabeth Tabernakel (wisudawati yang juga merupakan lulusan terbaik IPS pertama SMA N 3 Yogyakarta), putri dari Bapak Ir. Leonard Sinaga dan Ibu Dra. Retno Purwaningsih, lulusan peraih nilai UN tertinggi yaitu Ruth Putri Nugraheni, (wisudawati yang juga merupakan lulusan terbaik IPS kedua SMA N 3 Yogyakarta), putri dari Bapak Agus Haryanto, M.Min dan Ibu Ir. Surjani Purwaningsih, dan urutan ketiga diraih oleh Alexander Farrel Rasendriya Haryono, putra dari Bapak Y. Dony Haryono dan Ibu Emy Tri Ratnasari.

Para wisudawan wisudawati diwisuda langsung oleh wali kelas masing-masing, yaitu Ibu Dra. Lilik Agustin wali kelas XII IPA 1, Bapak Drs. Subagyo Danang Wahyana, M.Pd.,Si. wali kelas IPA 2, Ibu Tri Khotimah Sholihah, M.Pd.I. wali kelas XII IPA 3, Ibu Muslimah, S.Pd. wali kelas XII IPA 4, Bapak Drs. Supriyana, M.M., M.Pd. wali kelas XII IPA 5, Ibu Hj. Nanik Rahayu, M.Pd., wali kelas XII IPA 6 dan Bapak Drs. Padmana wali kelas XII IPS. Alumni juga berkontribusi dalam prosesi wisuda purna siswa tahun ajaran 2018/2019 yaitu penyematan pin Padmanaba Alumni 2019 dan mencium panji Padmanaba Alumni.

Prestasi yang tak kalah bergengsi juga sukses diraih oleh siswa disabilitas pertama di SMA N 3 Yogyakarta yaitu Alexander Farrel Rasendriya Haryono, putra dari Bapak Y. Dony Haryono dan Ibu Emy Tri Ratnasari, sebagai peraih nilai Matematika 100, yang artinya nilai sempurna serta peraih nilai UNBK terbaik ketiga program IPS di sekolah, seperti yang sudah disebutkan. Lulusan “terbaik” SMA N 3 Yogyakarta diraih oleh wisudawati santun nan teduh, Hanifah Nabila Wismadi, kelas XII IPA 5, putri dari Bapak Dr.Ir. Arif Wismadi, M.Sc. dan Ibu Sri Dayanti, S.Si.

SMA N 3 Yogyakarta berhasil meraih juara 1 program IPA dan IPS hasil UNBK se-DIY. Sungguh pencapaian yg luar biasa dan sangat membanggakan. Prestasi yg luar biasa ini sangat patut untuk terus dijaga dan dipertahankan. Kepala SMA N 3 Yogyakarta, Bapak Drs. H. Maman Surakhman, M.Pd.I juga turut meluapkan perasaan haru dan bangganya atas prestasi-prestasi yang telah diraih oleh wisudawan wisudawati, beliau berharap dan memberi dukungan penuh kepada semua warga sekolah agar dapat mempertahankan hal-hal baik tersebut. Tak lupa, beliau memberi selamat, juga menyampaikan nasehat kehidupan bagi para wisudawan wisudawati dalam menyongsong fase baru di perguruan tinggi masing-masing, khususnya dalam menjaga nama baik almamater SMA N 3 Yogyakarta.

Pada penghujung acara, Dito Aulia Rahman kelas XII IPA 1, membacakan prasetya wisuda yang kemudian ditirukan oleh seluruh wisudawan wisudawati. Padmanaba 74 memberi bakti kampus,sebagai persembahan mereka untuk sekolah, dengan menyerahkan Set Charger Spot untuk selanjutnya dapat digunakan sebagaimana mestinya sebagai penunjang setiap kegiatan siswa SMA N 3 Yogyakarta.

Maka apabila engkau telah selesai (dari suatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain), dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya engkau berharap. (QS. Asy-Syarh: 7-8). Tidak ada pilihan yang keliru apalagi salah, selama ia dipertanggungjawabkan serta bersungguh-sungguh dalam menjalaninya.

Semangat selalu Padz 74, semoga Allah selalu menyertai langkah kalian dimana pun berada dan dalam keadaan apa pun. Akan terus tersemat rapalan doa-doa terbaik untuk kalian semua, selalu. Selamat untuk sebagian Padz 74 yang sudah diterima di perguruan tinggi terbaik sesuai harapan, serta semangat terus bagi Padz 74 yang sedang berjuang utuh, agar diterima di perguruan tinggi idaman.

Jika suatu saat, ada rasa kecewa dalam diri karena menjumpai kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan, tetaplah untuk terus bersyukur and be proud of how hard you’re trying đź‘Ś karena apa pun hasilnya, kalian sudah mengusahakan yang terbaik, pasti. Meski pada proses perjalanan di fase baru (kalian) nanti, akan penuh onak dan duri, percayalah bahwa itu adalah cara alam semesta dalam rangka menghantarkan kalian untuk bertumbuh dan mendewasa dengan baik, apa pun itu, semoga hal-hal baik selalu berpihak. Sukses selalu, fiddunnya wal akhiroh đź‘Ť

 

 

Kontributor : Luthvi Arini, M.Pd.

Leave a Response