Berita Sekolah

Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran dan Bahan Ajar, Guru SMA Negeri 3 Yogyakarta Siap Sambut Tahun Ajaran Baru

37views

SMA Negeri 3 Yogyakarta menyelenggarakan Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran dan Bahan Ajar Digital, dengan sistem “in-on-in”. Kegiatan in yang pertama dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut, yaitu pada hari Rabu-Jumat, tanggal 17-19 Juni 2020, di ruang Audio Visual Aid (AVA) dan ruang Laboratorium Komputer (Labkom 1). Kegiatan workshop ini diperuntukkan bagi guru SMA Negeri 3 Yogyakarta dalam rangka mempersiapkan pembelajaran pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 yang rencananya masih akan dilaksanakan dengan sistem belajar dari rumah. Sekitar 59 guru dibagi menjadi 3 kelompok, sehingga satu kelompok maksimal peserta 20 orang yang mengikuti kegiatan workshop ini dalam satu hari. Kegiatan workshop juga dilaksanakan dengan mengutamakan protokol Covid-19 yang meliputi physical distancing, memakai masker, dan selalu menjaga kebersihan tangan serta perangkat yang digunakan demi kesehatan, keamanan, dan kenyamanan bersama.

Belajar dari rumah telah diterapkan di SMA Negeri 3 Yogyakarta sejak pertengahan bulan Maret yang lalu. Pelaksanaan belajar dari rumah sebelumnya dikelola oleh masing-masing guru sesuai dengan kompetensi dan kreativitasnya. Namun, menjelang tahun ajaran baru, berdasarkan Surat Edaran Mendikbud nomor 4 tahun 2020 dan diperkuat dengan Surat Edaran Sesjen nomor 15 tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Belajar dari Rumah selama Masa Tanggap Darurat Covid-19, Kepala SMA Negeri 3 Yogyakarta mengambil kebijakan untuk menyelenggarakan workshop ini guna memberi bekal khususnya bagi para guru dalam menyusun rencana pembelajaran dan membuat Bahan Ajar digital.

Kegiatan workshop dimulai pukul 08.00 sampai pukul 12.00 WIB. Materi yang disampaikan dalam workshop antara lain kebijakan kepala sekolah dan persiapan sekolah menyikapi pelaksanaan sistem belajar dari rumah, materi penyusunan perangkat pembelajaran bagi guru terutama pemetaan kompetensi dasar kurikulum 2013 pada masa pandemi Covid-19, dan penyusunan bahan ajar digital bagi guru berupa pelatihan pembuatan video pembelajaran daring oleh Tim IT SMA Negeri 3 Yogyakarta. Setelah mengikuti kegiatan workshop ini, selanjutnya Bapak dan Ibu guru diberi waktu  menyusun perangkat dan Bahan Ajar digital untuk dipresentasikan pada agenda workshop berikutnya (in yang kedua) yang rencananya akan digelar pada tanggal 13-15 Juli 2020 mendatang.

Tantangan besar bagi guru saat ini adalah penguasaan IT yang dirasa masih kurang. Guru dan karyawan harus mampu memanfaatkan teknologi informasi melalui berbagai media dalam ketugasannya. Dengan adanya workshop ini diharapkan guru SMA Negeri 3 Yogyakarta mampu mengembangkan inovasi pembelajaran dalam pelaksanaan sistem belajar dari rumah dan mengedepankan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa.

 

Kontributor: Annisa Mayasari, S.Pd.

Editor: Restituta Devi Pramesti, S.Pd.

Leave a Response