Berita Sekolah

Zoom Sebagai Perekam Layar Untuk Pembuatan Video Pembelajaran

106views

Beberapa aplikasi screen recording (rekam layar) menjadi trend di masa pandemi Covid-19, kegiatan pembelajaran yang semula berlangsung di kelas dengan fasilitas konvensional, mendadak harus dilaksanakan dengan cara daring, siswa belajar dari rumah dan guru harus melaksanakan tugasnya dengan cara daring. Bapak ibu guru mau tidak mau harus mencari cara untuk dapat melaksanakan tugasnya meski dengan target yang tidak harus 100%. Bapak ibu guru dengan cepat mempelajari berbagai aplikasi yang dapat membantu untuk mentransfer materi atau memberi instruksi kegiatan belajar termasuk penyampaian tugas dan pengumpulan tugas.

Pendemi sudah berlangsung 10 bulan, dan nampaknya masih membutuhkan waktu yang lebih. Salah satu yang dibutuhkan oleh guru dalam membantu penyampaian materi atau menjelaskan materi pelajaran adalah dengan menggunakan cara screen recording atau rekam layar. Guru dapat mentransfer materi melalui presentasi yang telah dimiliki dan kemudian diupload di Youtube sebagai pengganti kegiatan belajar di kelas. Ada beberapa aplikasi rekam layar yang dapat diunduh tutorialnya melalui internet. Guru dapat memilihnya sesuai dengan karakter mata pelajaran masing masing, dari beberapa aplikasi rekam layar yang digunakan ada beberapa aspek  yang penting dibutuhkan dalam membantu kegiatan belajar yaitu sebagai berikut.

  1. Mudah mengaplikasikannya
  2. Hanya membutuhkan laptop atau pc saja tidak perlu tambahan perlengkapan lain
  3. Compatible dengan peralatan yang dimiliki
  4. Tidak ada logo aplikasi dalam bentuk watermark pada layar
  5. Bisa pindah tampilan layar dari file presentasi ke wajah dan sebaliknya secara cepat
  6. Mudah untuk diupload ke Youtube

Salah satu aplikasi yang memenuhi aspek  tersebut adalah Zoom, aplikasi Zoom biasa dipakai untuk kegiatan pertemuan secara daring, jadi bapak ibu guru sudah familier dengan aplikasi tersebut, salah satu  fasilitasnya ada tombol recording yang dapat merekam jalannya acara.

Di samping sebagai aplikasi untuk kegiatan Zoom Meeting, dengan fasilitas recording, dapat dimanfaatkan untuk memnbuat rekaman pembelajaran yang memerlukan perekaman layar dan tampilan pemateri baik secara penuh maupun dalam bentuk kotak kecil di pojok layar pada saat tampilan layar berupa presentasi.

Beberapa fasilitas yang dapat meningkatkan performa dalam presentasi adalah:

  1. Whiteboard, yang dapat digunakan untuk membuat gambar atau tulisan layaknya di white board;
  2. Annotate, untuk membuat tulisan, garis, atau menggambar; dan
  3. tombol shortcut yang sederhana untuk keluar masuk share file.

Fasilitas di atas sangat dibutuhkan pada saat guru menyampaikan materi, ketika perlu menanyangkan presentasi dan ketika kembali menampilkan wajah secara penuh dapat dengan mudah dilakukan.

Untuk dapat memfungsikan aplikasi Zoom sebagai perekam layar, pertama-tama kita perlu menghafal sedikit tombol-tombol utama yaitu:

  1. tekan tombol Alt + R untuk memulai rekaman, tekan kedua berhenti merekam;
  2. tekan tombol Alt + P ekan pertama pause, tekan kedua play; dan
  3. tekan tombol Alt + S tekan pertama share, tekan kedua stop share.

Persiapan awal sebelum masuk ke Zoom adalah sebagai berikut.

  1. File yang sekiranya pada saat rekaman akan ditayangkan dibuka terlebih dahulu misal Powerpoint, Word, Excel, dll.
  2. File yang tidak diperlukan sebaiknya dimatikan dulu untuk mengurangi kerja dari laptop.
  3. Laptop terkoneksi dengan internet.

Mulai masuk aplikasi langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Klik icon start Zoom pada komputer Anda, jika belum ada silahkan download terlebih dahulu.

  1. Pilih New meeting.

  1. Tunggu sampai aplikasi terkoneksi dengan sempurna sehingga layar menjadi seperti gambar di bawah ini.

  1. Sekarang aplikasi sudah bisa kita gunakan dalam mode layar penuh.
  2. Untuk mulai membuat rekaman klik tombol Alt + R sehingga setiap gerak dan suara akan terekam.
  3. Untuk pause silahkan klik tombol Alt + P dan klik kembali Alt + P jika akan melanjutkan
  4. Untuk menampilkan file Ppt, Word, Excel, atau yang lain silahkan klik tombok Alt + S, kemudian akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini.

  1. Pilih salah satu file yang akan ditayangkan dan klik tombol share, jika akan berganti file, klik tombol Alt + S, kemudian pilih kembali salah satu file dan klik tombol share.


Gambar hasil share salah satu file

  1. Untuk mengakhiri rekaman klik tombol Alt + R, kemudian klik tombol end, pilih end meeting all, kemudian sistem akan memproses hasil perekaman, selanjutnya sistem akan mengarahkan ke file hasil rekaman. File hasil rekaman dalam format mp4.
    Gambar tampilan folder yang berisi file hasil rekaman
  1. Beri nama file tersebut dan disimpan di folder yang diinginkan. Selesai sudah perekaman layar untu kegiatan pembelajaran.

File hasil dari aplikasi Zoom ini dapat langsung diupload ke Youtube. Selanjutnya link alamat yang ada di Youtube dan bisa dibagikan kepada seluruh siswa melalui Google Classroom.

Pada aplikasi Zoom ini mode layar juga bisa dalam bentuk whiteboard, yang dapat dipilih pada menu share.

Fasilitas whiteboard difungsikan sebagai papan tulis.

Pada mode whiteboard ini mouse dapat difungsikan sebagai spidol, namun perlu berlatih menggunakan mouse untuk membuat tulisan atau disarankan sebaiknya menggunakan mouse pen.

Fasilitas lain yang dapat digunakan adalah tombol Annotate yang dapat berfungsi untuk membuat gambar, garis, penanda bahkan membuat tulisan text tidak hanya pada menu whiteboard tapi juga pada saat ppt atau file lain sedang ditampilkan.


Gambar pemanfaatan tomol annotate untuk membuat penanda.

Adanya beberapa kemudahan aplikasi Zoom untk membuat rekam layar, maka kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik, siswa bisa melihat gurunya pada saat guru menyampaikan materi. Tentu saja ini hanya salah satu cara, ada cara lain yang juga mungkin sudah biasa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Zoom untuk kegiatan pembelajaran secara langsung dan interaktif.

 

 

Kontributot : Ichwan Aryono, S.Pd, M.Pd.Si.

Leave a Response